Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Women Half Marathon Jakarta Rayakan Pemberdayaan Perempuan Lewat Olahraga Lari

Foto : Triyaningsih, Atlet Nasional, Dicky Sukmana, Penyelenggara, Women Half Marathon (WHM) Jakarta dan Claudia Inkiriwang, President Director TMII

Ajang olahraga lari khusus perempuan Women Half Marathon (WHM) Jakarta akan menyapa masyarakat untuk pertama kalinya pada tanggal 28 April 2024 mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Lebih dari sekedar perlombaan, WHM Jakarta didedikasikan untuk merangkul dan merayakan para pelari perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang yang dengan tekad kuat mendorong kemampuan dan ketahanan demi mencapai hasil terbaik lewat kebersamaan dalam olahraga lari.

Sebagai sebuah ajang lari bergengsi di tanah air, WHM Jakarta terdaftar dalam organisasi lari internasional  World  Athletic  (WA)  sehingga  masuk  kedalam  agenda  lomba  dunia dengan mengikuti standar internasional. Tak hanya itu, melalui penyelenggaraannya, WHM Jakarta juga berkomitmen menciptakan sebuah komunitas olahraga yang menghubungkan sesama pelari perempuan  untuk  saling  mendukung,  menginspirasi  dan  membangkitkan  semangat dalam setiap langkah menuju garis akhir.

Di tengah konferensi pers siang hari ini, Dicky Sukmana, Penyelenggara WHM Jakarta (PT Media Dunia Olah Raga), mengatakan, “Olahraga telah menjadi tren yang tak terpisahkan dari masyarakat.  Banyak  orang  menyadari  pentingnya  menjaga  daya  tahan  tubuh  dengan melakukan olahraga secara rutin, termasuk mengikuti berbagai kompetisi olahraga seperti lari. Namun  di  tengah  kurangnya  keterwakilan  perempuan  dalam  ajang  lomba  lari  maraton konvensional, WHM Jakarta hadir menjadi wadah yang merayakan dan mendukung para pelari perempuan. Kami juga berharap WHM Jakarta dapat mengajak lebih banyak lagi perempuan di Indonesia ikut bergerak aktif dan menerapkan pola hidup sehat untuk tubuh dan mental yang kuat demi kesejahteraan yang lebih baik di masa depan.”

Kemudian Claudia Inkiriwang, President Director, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), juga menegaskan komitmen untuk menjadi tempat ideal penyelenggaraan WHM Jakarta ini, “TMII dengan wajah baru kini tidak hanya sekadar menjadi destinasi wisata, tetapi juga bisa menjadi wadah  dan  sarana  edukasi  yang  memperkenalkan  keragaman  serta  kekayaan  budaya Indonesia bagi masyarakat, tamu negara, dan wisatawan mancanegara. Seluas kisaran 150 hektar, TMII memiliki konsep eco-park dengan kawasan ruang terbuka hijau hingga 70% dari keseluruhan    area,   sehingga    memiliki   kapasitas  yang  memadai  untuk  mengakomodasi kebutuhan dari berbagai kegiatan besar. Dengan diselenggarakannya WHM Jakarta di TMII, kami berharap para peserta dapat memiliki pengalaman lari yang berkesan dengan rute yang aman dan nyaman, serta dimanjakan dengan pemandangan indah dari berbagai wahana dan atraksi  wisata  menarik  khas  TMII,  termasuk  ragam  anjungan daerah dari Sabang hingga Merauke, taman satwa, hingga Danau Archipelago”.

Triyaningsih, Atlet Nasional serta Olympian pemegang 11 rekor nasional dan peraih 11 medali emas yang juga membagikan tips singkat untuk pelari perempuan dalam mempersiapkan diri menghadapi ajang unik ini. “Pertegas dan perkuat motivasi. Hal ini dapat dilakukan dengan berkenalan dengan teman baru di weekly run yang diadakan oleh WHM Jakarta. Kemudian persiapkan  fisik  secara  tepat  dengan  perhatikan  asupan  nutrisi  serta  cek  dan  monitor kesehatan. Pilih pakaian dan sepatu yang tepat. Lalu, tentu saja, kita perlu nikmati proses”.

Menjelang perlombaan, Road to WHM Jakarta juga akan digelar selama empat bulan ke depan mulai bulan Januari 2024 untuk membantu peserta menyiapkan diri dengan matang, mulai dari fisik, mental, dan emosional, diantaranya adalah:

  1. Women’s running workshop yang berisi lokakarya dengan topik seputar pelatihan lari khusus perempuan, nutrisi, hingga perlengkapan lari yang dipandu oleh pelari wanita
  2. Weekly women’s running meetups berupa pertemuan mingguan di taman atau jalur lari untuk memudahkan peserta bersosialisasi, berkumpul, dan berlatih bersama demi mencapai garis akhir dengan nyaman dan
  3. Women’s race merchandise berupa perlengkapan lari eksklusif yang khusus dirancang untuk kebutuhan dan preferensi para pelari perempuan.
  4. Women’s running gear expo yang menghadirkan pameran berbagai brand pakaian lari khusus perempuan, sepatu, hingga aksesoris yang memungkinan peserta untuk memilih perlengkapan yang dibutuhkan.

Lalu yang menjadikan WHM Jakarta tambah spesial adalah semangat untuk membawa dampak positif  dan  berkelanjutan  bagi  masyarakat  yang  lebih  luas  lagi.  Sebagai  lomba  lari  half  marathon, penyelenggaraan perdana WHM Jakarta kali ini serta di tahun yang akan datang juga  diharapkan  mampu  mendukung  upaya  pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan atletik wanita nasional untuk menemukan talenta terbaik dan atlet-atlet unggul dari dalam negeri yang nantinya dapat bersaing di kancah internasional.

Di tahun perdananya, pendaftaran WHM Jakarta akan dibuka bagi seluruh peserta perempuan nasional mulai tanggal 3 Desember 2023 melalui website https://womenhalfmarathon.id dengan tiga kategori yang akan ikut dilombakan, yaitu 5 kilometer untuk umum dan remaja perempuan dengan dua kelompok usia 12-14 tahun dan 15-17 tahun, serta 10 kilometer dan 21,0975 kilometer (half marathon). Harga slot WHM Jakarta untuk kategori 5 kilometer adalah Rp350 ribu, 10 kilometer adalah Rp375 ribu, dan half marathon adalah Rp450 ribu. Sementara untuk race package collection akan digelar pada tanggal 26-27 April 2024 di Urban Forest Cipete, Jakarta dengan menyuguhkan beragam rangkaian acara menarik, seperti pertunjukan musik, pos relaksasi dan perawatan diri, serta pameran perlengkapan lari, seperti pakaian, sepatu, hingga berbagai aksesoris yang disesuaikan dengan kebutuhan pelari perempuan.

Salah satu keunikan lain dari WHM Jakarta adalah Volt & Fast yang resmi menjadi official merchandiser. Experience para peserta saat mendaftarkan diri akan terasa berbeda karena dapat memilih dan memesan satu dari tiga model jersey yang disukai dan sesuai dengan preferensi untuk dikenakan pada saat mengikuti kompetisi lari WHM Jakarta nanti.

“Lewat  kehadiran  WHM  Jakarta,  mari  bersama-sama  mewujudkan  Indonesia  yang  sehat dengan merangkul dan mendukung lebih banyak lagi pelari perempuan dalam menunjukkan kemampuan,  ketahanan,  tekad  kuat  dalam  mencetak  prestasi serta meraih personal best melalui olahraga lari. Bagi para peserta, jangan lupa melakukan persiapan sebaik mungkin dengan mengikuti program latihan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan sampai bertemu tahun depan di WHM Jakarta!” tutup Dicky.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *