Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Tips Menyusui Tanpa Kurang Tidur

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Di minggu-minggu awal kelahiran si kecil, jadwal menyusui akan sangat padat. Umumnya dua jam sekali ia terbangun dan minta disusui. Bahkan tidak jarang Moms mendengar tangisannya nyaris satu jam sekali.

Bagaimana Moms bisa tidur nyenyak ya? Wajar kalau ada yang bilang menjadi mom baru rasanya seperti zombie gara-gara nyaris tak pernah tidur. Tips berikut akan membuat Moms punya waktu beristirahat tanpa mengabaikan kebutuhan si kecil.

Berbagi tugas di malam hari

Berbagi tugaslah dengan Dads dan memintanya mengambil giliran memberikan ASI perah pada si kecil selepas tengah malam. Tidur cukup di malam hari sangat penting untuk menjaga kesehatan Moms. Moms sehat berarti produksi ASI untuk si kecil pun bisa lebih lancar. Mungkin Dads tidak bisa melakukannya setiap malam, Moms bisa memintanya tiga kali dalam seminggu. Atau mengatur jadwalnya menjadi lewat jam dua malam atau menjelang subuh.

Memerah ASI

Menyediakan ASI perah atau ASIP selain membuat Moms bisa mendelegasikan tugas menyusui kepada Dads, juga dapat mengendalikan produksi ASI. Jangan biarkan terjadi penumpukan ASI di dalam payudara Moms karena bisa membuat bengkak dan terjadi penggumpalan. Memerah ASI biasanya baru bisa Moms lakukan setelah produksi ASI Moms lancar, sekitar dua minggu pasca persalinan.

Tidur siang

Tidur malam 6-8 jam sepertinya sulit Moms lakukan di masa-masa awal usia si kecil. Siasati kebutuhan tidur Moms dengan tidur siang satu jamĀ  atau beberapa menit saja. Moms bisa melakukannya saat si kecil juga terlelap atau ketika menempatkannya di ayunan.

Meminta bantuan

Biasanya, selain merawat si kecil, Moms harus mengurus ini itu. Mungkin mencuci pakaian, beres-beres rumah dan memasak. Sepertinya beberapa kegiatan ini perlu dialihkan pada orang lain. Moms mungkin bisa memanfaatkan jasa asisten rumah tangga atau saudara yang bisa membantu sehingga Moms memliki waktu beristirahat.

Tidur terpisah

Bayi kadang menangis dalam tidur tanpa sebab yang jelas. Bila Moms terus-menerus terbangun karena ini, sebaiknya Moms mengatur tempat tidur terpisah atau berbeda ruangan dengan si kecil. Tips ini sangat dianjurkan untuk bayi yang sudah cukup besar. Moms hanya perlu menengoknya ketika tangisan ia cukup keras.

Relaks sebelum tidur

Walaupun sangat lelah, masih ada kemungkinan Moms sulit tidur. Biasakan untuk bersantai menjelang jam tidur, misalkan dengan meminta Dads yang menenangkan si kecil, memadamkan lampu atau memutar musik pengantar tidur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *