Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Si Kecil Terbangun Histeris di Malam Hari

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Pola tidur si kecil dapat berubah kapan saja, Moms. Bila biasanya ia tidur dengan tenang, bisa saja mendadak suatu malam ia terbangun dan menangis histeris.

Deborah Lin-Dyken, dokter spesialis anak dan pakar gangguan tidur mengungkap, hal seperti ini cukup normal. Selain mendadak terbangun histeris di malam hari, si kecil mungkin juga tidak dapat tidur semalaman.

Penyebabnya cukup beragam. Si kecil mungkin gelisah karena ia mengalami sebuah perubahan drastis, seperti mulai tidur terpisah dengan Moms. Atau bisa juga karena si kecil merasa tidak enak badan. Cobalah cek suhu badan, tenggorokan dan telinganya lalu tangani sakitnya.

Penyebab lain adalah kurang tidur. Yap, jam tidur yang kurang teratur akan membuat ia sulit tidur nyenyak di malam hari. Jadi, berusahalah agar si kecil memiliki pola tidur teratur. Misalkan, atur jam tidur siangnya dan sesuaikan dengan jam tidur malam. Lakukan secara konsisten setiap hari.

Bila si kecil terbangun bukan karena sakit, Moms dapat mengendong untuk menenangkannya. Biarkan ia tahu Moms ada dan semuanya baik-baik saja. Temani ia terus sampai kembali tidur tanpa banyak bersuara dengan lampu diredupkan.

Mungkin butuh waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk mengembalikan si kecil ke pola tidur semula. Sabar ya, Moms, dan berusahalah konsisten dengan jadwal tidur si kecil agar ia mendapatkan tidur yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *