Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Sarapan Paduan Susu dan Sereal Selamatkan Kita dari Skipping Breakfast

FFI Susu Sereal

Sibuk beraktivitas kadang membuat kita skipping breakfast ya, Mom & Dad, padahal sarapan sangat penting sebagai asupan energi untuk mengawali hari. Banyak penelitian yang membuktikan sarapan, dalam kurun waktu dua jam setelah bangun pagi, sebagai yang terpenting di antara dua waktu makan lain untuk menyeimbangkan diet sehat.

Sarapan dengan asupan energi 20-35% kebutuhan energi harian, berkaitan dengan kesehatan fisiologi, psikologi dan sosial menurut artikel Skipping Breakfast Everyday Keeps Well-being Away, yang ditulis Mohiuddin AK dari Department of Pharmacy, World University of Bangladesh, Bangladesh. Artikel itu dimuat dalam Journal of Food Science and Nutrition Research 1, pada 2018.

Berikut beberapa efek negatif dari skipping breakfast:

  • Membuat keinginan untuk makan banyak timbul di jam makan siang atau malam, dipicu rasa lapar dan selera makan tinggi. Kita jadi cenderung makan berlebihan sehingga otomatis berat badan bertambah. Penelitian menemukan, setelah melewatkan sarapan, orang rata-rata makan siang lebih banyak hingga 40-43% kebutuhan energi, yang normalnya sekitar 35%.
  • Risiko obesitas bertambah. Skipping breakfast lebih berpengaruh pada pertambahan lingkar pinggang dan BMI daripada makan malam tiga jam sebelum tidur.
  • Risiko penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah jantung dan hipertensi bertambah.
  • Menambah risiko penyakit diabetes mellitus tipe 2 karena sarapan sehat yang rutin dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.
  • Menurunkan fungsi kognitif dan daya kerja. Glukosa adalah bahan bakar utama fungsi otak. Kadar gula darah yang stabil sangat diperlukan untuk memelihara fungsi kognitif yang optimal.
  • Melewatkan sarapan biasanya diikuti dengan kebiasaan buruk lain, seperti merokok, gaya hidup yang kurang aktif khas kaum rebahan dan konsumsi alkohol. Hal ini bisa memicu mood swing dan gejala depresi.
  • Pada wanita, skipping breakfast bisa mempengaruhi ritme kortisol, hormon pemicu stress, dan meningkatkan tekanan darah. Riset di Jepang dan Palestina menemukan skipping breakfast berdampak pada masalah menstruasi. Riset lain menemukan masalah iritasi saluran cerna yang bertambah dan bau mulut.
  • Masalah perut, saluran cerna dan kanker. Riset di Mexico menghubungkan skipping breakfast dengan kanker perut atau gastric cancer, kanker ketiga terbanyak pada pria dan kelima terbanyak pada wanita. Melewatkan waktu makan membuat perut kosong hanya terisi asam lambung sehingga menimbulkan mual. Hal ini juga memicu terbentuknya batu empedu.

Ada tiga alasan utama mengapa kalangan dewasa muda menjadi rentang usia yang paling sering melewatkan sarapan menurut beragam survey. Pertama, tidak ada cukup waktu, kedua tidak nafsu makan dan ketiga, ketidakmampuan menyiapkan asupan. Itu sebabnya penting untuk memilih dan memadukan asupan sarapan yang bukan hanya enak, tapi juga sehat dan praktis.

“Pemenuhan asupan di pagi hari kerap terabaikan kalangan ini, akibat dari berbagai kesibukan dan alasan.  Situasi ini memicu Frisian Flag Indonesia untuk menghadirkan inovasi produk susu yang nikmat dan sehat melalui FRISIAN FLAG® Susu Sereal. Memadukan kebaikan dua jenis asupan favorit di momen sarapan; susu dan sereal – produk ini dapat menjadi pilihan sarapan sehat andalan, khususnya bagi kalangan muda untuk memulai hari yang lebih berenergi,” ungkap Veronika W. Utami, Marketing Director Frisian Flag Indonesia saat peluncuran FRISIAN FLAG® Susu Sereal rasa cokelat, di momen Bulan Sarapan Nasional.

Ditambahkan Utami, produk ini hadir dengan kandungan sereal oat, brown rice dan riceberry yang berpadu halus dengan susu rasa cokelat, sehingga gampang dikonsumsi dan mudah dicerna. Paduan kebaikan susu dan sereal dijelaskan juga oleh nutrisionis muda, Alvin Hartanto.

“Susu merupakan salah satu asupan yang kaya akan kandungan baik, seperti protein, zinc, vitamin B12, Vitamin D dan Vitamin A sehingga baik untuk dikonsumsi di pagi hari sebagai asupan penjaga dan peningkat sistem imun tubuh untuk memulai aktivitas. Susu juga memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya mudah dikonsumsi dan dapat dikombinasikan dengan jenis asupan baik yang lain, salah satunya sereal,” tutur Alvin.

Ia menambahkan, sereal berbahan gandum kaya akan manfaat dan nutrisi. Sereal adalah sumber karbohidrat kompleks yang dibutuhkan tubuh dan kandungan seratnya bermanfaat bagi sistem pencernaan. Paduan susu dan sereal menghasilkan asupan bergizi seimbang yang nikmat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan tepat dikonsumsi saat sarapan.

Kebutuhan akan sarapan berenergi diungkapkan oleh Atlet angkat besi muda berprestasi Indonesia, Windy Cantika. “Sebagai seorang atlet, saya sudah memulai hari sejak pagi untuk melakukan berbagai program latihan yang cukup melelahkan. Bagi saya sebagai atlet profesional, pemenuhan asupan khususnya saat sarapan, menjadi pondasi penting sebagai modal energi dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Namun tak jarang, sarapan justru jadi momen yang kadang terlewatkan, padahal itu sangat penting. Perpaduan manfaat baik dari susu dan sereal menjadi solusi untuk memulai hari dengan asupan yang bukan hanya lezat dikonsumsi, tapi juga serba praktis karena mudah dibawa, mudah dikonsumsi, juga mudah dicerna.”

Menjadi bagian dari rangkaian produk susu siap minum, FRISIAN FLAG® Susu Sereal rasa cokelat juga telah mendapatkan kelayakan logo Pilihan Lebih Sehat dari BPOM. Artinya, produk ini aman dikonsumsi dan merupakan pilihan lebih sehat dibanding produk sejenis jika dikonsumsi dalam jumlah wajar. Kandungan gula (seluruh monosakarida dan disakarida, tidak termasuk laktosa) tidak lebih dari 6 gram per 100 ml dan tanpa menggunakan Bahan Tambahan Pangan pemanis. Produk terbaru dari FFI ini juga mengandung 8 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, B12) dan 3 Mineral (Kalsium, Fosfor dan Iodium).

                “Menjadi alternatif asupan praktis dan sehat di pagi hari dan sejalan dengan tujuan perusahaan, Nourishing Indonesia to Progress FRISIAN FLAG® Susu Sereal hadir dengan rasa cokelat yang digemari masyarakat, khususnya generasi muda. Kami berharap, produk ini dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan gizi dan energi harian, dan membangun daya tahan alami, dimulai di momen sarapan pagi hari untuk membangun Indonesia yang Sehat, Sejahtera dan Selaras,” tutup Utami.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *