Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Posisi Menyusui Untuk Ibu Persalinan Caesar

foto: istimewa
foto: istimewa

Bagi Moms yang melahirkan dengan operasi caesar jangan cemas dan kuatir, karena Moms juga bisa tetap memberikan ASI Eksklusif.

Ada anggapan bahwa ibu yang melahirkan secara alami lebih mudah menyusui. Berbeda dengan ibu yang melahirkan secara caesar. Moms, jangan salah kaprah ya, karena bisa atau tidaknya ibu menyusui bukan ditentukan dari metode persalinan. Tetapi kondisi bayi dan ibu pasca melahirkan. Dan tentu saja posisi menyusui yang tepat.

Menemukan posisi yang baik untuk menyusui sangat penting pasca melahirkan caesar. Pastikan tubuh bayi dekat dengan Moms. Saran untuk Moms, coba praktekkan posisi side lying hold, yaitu dengan membaringkan bayi di sisi ibu. Kemudian hadapkan bayi ke arah payudara Moms sampai bibir bayi menyentuh puting dengan benar. Posisi yang tepat saat menyusui akan membuat Moms merasa nyaman, tidak mengalami sakit punggung, bahu dan payudara tidak nyeri karena bayi menempel ke payudara dengan benar.

Untuk melindungi luka bekas operasi, Moms bisa menggunakan bantal sebagai alas. Letakkan bayi di samping atau di bawah ketiak Anda. Pasca operasi caesar, penting bagi bayi untuk menerima kolostrum dan mulai belajar untuk menyusui. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah pembengkakan payudara dan menjaga pasokan ASI yang cukup.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *