Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Permainan Matematika Untuk Balita Bagian II

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Yuk, kenalkan matematika pada si kecil di usia pre-school. Untuk anak yang lebih bisa memahami sesuatu lewat permainan fisik, Moms & Dads dapat mencoba beberapa permainan berikut:

Hitung dan urutkan

Campurkan sendok makan, sendok teh, garpu besar dan kecil serta sumpit. Mintalah si kecil untuk memilah berdasarkan jenisnya dan hitung. Atau Moms & Dads bisa mengumpulkan kaos kaki beragam warna dan corak. Minta si kecil mengelompokkannya berdasarkan warna atau corak dan menghitung anggota tiap kelompok. Permainan ini bisa diterapkan pada benda apa saja, tergantung kreativitas Moms & Dads.

Cari bentuk

Ambil beberapa benda di rumah dengan bentuk berbeda, seperti kotak, lingkaran, segitiga, bintang, dan lainnya. Letakkan setiap benda di tempat berbeda dan minta si kecil untuk mencarinya satu per satu. Atau bisa juga meminta si kecil menggambar beragam bentuk dan mengguntingnya.

Puzzle dan Kotak

Kenalkan beragam bentuk geometri pada si kecil lewat permainan puzzle tiga dimensi atau mencocokkan satu bangun dengan tempatnya.

Membuat Buku Berhitung

Mengenal angka sekaligus huruf. Mintalah si kecil untuk mencari benda dalam daftar, dimulai denganĀ  yang berawalan huruf A di majalah lama, catalog atau brosur lama. Salin gambarnya di kertas. Setelah semua benda dalam daftar ditemukan dan disalin, hitunglah jumlahnya.

Menghitung snack

Sambil ngemil, si kecil bisa belajar menambah dan mengurangi. Caranya, taruh makanan kecil seperti cracker ke dalam mangkuk. Siapkan mangkuk tambahan dan pindahkan beberapa crackers sebagai pengurangan. Moms dapat mengembalikan beberapa crackers ke mangkuk pertama sebagai pertambahan. Hitung setiap crackers yang ditambahkan atau dikurangi.

Mana yang lebih besar

Permainan ini bisa dilakukan dengan dadu atau kartu. Gulirkan sebuah dadu dan lihat angkanya. Gulirkan lalu dadu kedua, dan bandingkan mana angka yang lebih besar atau lebih kecil. Si kecil belajar memahami konsep lebih besar dan lebih kecil dalam permainan ini.

Moms & Dads juga bisa memodifikasi permainan-permainan ini, disesuaikan dengan kemampuan si kecil. Lakukan secara bertahap, dimulai dengan jumlah angka yang tidak terlalu besar, misalnya 5, 10, 15 kemudian 20 dan seterusnya. Paling utama adalah lakukan permainan-permainan ini dengan fun.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *