Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Mitos ASI dan Anemia

dr. Elizabeth Yohmi, SpA
dr. Elizabeth Yohmi, SpA

Moms mungkin pernah mendengar, pemberian ASI eksklusif membuat si kecil rentan terhadap anemia. Akibatnya, banyak Moms yang menggabungkan ASI dengan susu formula atau bahkan hingga menghentikan konsumsi ASI sebelum si kecil berusia 6 bulan karena mitos ASI dan anemia ini.

Dr. Elizabeth Yohmi, Sp. A dari Satgas ASI IDAI menjelaskan anemia tidak disebabkan pemberian ASI eksklusif.  Si kecil memang rentan terkena anemia di usia 4-6 bulan bila asupan zat besinya kurang memadai. Ini bisa disebabkan oleh asupan zat besi Moms yang juga kurang mencukupi kebutuhan harian sehingga mempengaruhi kualitas ASI.

“Moms sebaiknya memperhatikan kecukupan gizi makanan Moms sehari-hari agar si kecil mendapatkan nutrisi maksimal dari ASI. Jalan terbaik untuk mengetahui si kecil anemia atau tidak adalah dengan memeriksa kadar HB. Bila perlu, dokter bisa memberikan suplemen zat besi,” tutur dr. Yohmi saat Pekan ASI Sedunia 2015 di Jakarta, 18 Agustus.

So, Moms yang tengah menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi beragam zat makanan lengkap; protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Tak perlu kuatir mengenai perubahan bentuk tubuh ya, Moms karena perubahan itu sudah terjadi begitu Moms hamil. Dengan gizi seimbang, menyusui, berolahraga, dan aktivitas lainnya Moms akan tetap mendapatkan berat badan ideal kembali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *