Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Membuat Sendiri MPASI Kaya Nutrisi

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Moms, di usia 6 bulan si kecil biasanya mulai siap menerima makanan padat, MPASI kaya nutrisi. Walaupun banyak dijual di pasaran dengan beragam kandungan nutrisi, Moms dianjurkan untuk membuat sendiri.

MPASI buatan sendiri akan memudahkan Moms untuk menyeimbangkan nutrisi si kecil, menjaga higienitas makanan hingga mendeteksi reaksi alergi. Moms juga lebih bebas berkreasi dan memberikan variasi makanan untuk si kecil.

Bingung memulai dari mana? Moms bisa mengawali dengan rasa yang familiar untuk si kecil agar ia lebih mudah beradaptasi. Misalnya, bubur susu dengan ASI atau susu formula yang biasa ia konsumsi. Setelah itu Moms bisa mencoba mengenalkan sayuran.

Sayuran disarankan untuk dikenalkan terlebih dulu daripada buah-buahan. Untuk tahap awal, Moms dapat memilih wortel dan labu kuning yang kaya beta-karoten, atau umbi-umbian seperti kentang dan ubi manis yang mengandung potassium dan karbohidrat. Rasa manis alaminya disukai bayi, begitu juga dengan teksturnya yang halus.

Resep MPASI kaya nutrisi, bubur susu dan puree labu kuning

Bubur Susu

Bahan

3 sdm tepung beras halus

200 ml ASI atau susu formula

Cara membuat

Larutkan tepung beras halus dengan ASI, aduk ampai rata. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai kental dan matang. Angkat dan aduk kembali hingga panasnya berkurang.

Puree Labu Kuning

Bahan

1 potong labu kuning

Air matang secukupnya

Cara membuat

  • Cuci bersih labu kuning, kupas, buang bijinya dan potong dadu.
  • Rebus labu kuning hingga lunak, lalu blender hingga halus dengan tambahan air secukupnya.
  • Puree siap disajikan buat si kecil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *