Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Melancarkan Sistem Pencernaan Dengan Buah Jambu Biji

Foto dari pixabay.com
Foto dari pixabay.com

Buah asli negara tropis, yang pohonnya sering menghiasi pekarangan rumah ini, bukan hanya enak dan murah. Buah jambu biji atau klutuk memiliki banyak manfaat dan Moms & Dads pasti sering dengar bahwa jus jambu biji merah mampu mempercepat proses penyembuhan demam berdarah. Hasil penelitian menunjukkan, jambu biji memiliki kandungan serat tinggi dan kaya vitamin C, A dan beragam vitamin B, serta mineral.  Kandungan vitamin C-nya bahkan empat kali lebih banyak dari satu buah jeruk. Selain itu, jambu biji, terutama jambu biji merah, memiliki kandungan flavonoid tinggi.

 

Berikut, lima manfaat dari buah jambu biji:
Mencegah Kanker
Flavonoid berfungsi sebagai anti-oksidan, anti-inflammatory, anti-microbial atau antibacterial, antifungal, anti-cancer, dan anti-diarrhea. Itu sebabnya mengkonsumsi jambu biji segar yang kaya flavonoid bisa menurunkan risiko kanker dan memperlambat pertumbuhannya.
Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan seratnya yang tinggi, sekitar 5,4 gram per 100 gram buah, membantu memperlancar sistem pencernaan kita. Serat berguna untuk melindungi membran mukosa usus dari racun-racun sisa makanan yang tidak tercerna, membuat kita terhindar dari sembelit dan risiko kanker usus besar.
Menjaga Fungsi Otak dan Saraf
Jambu biji mengandung thiamine atau vitamin B1, riboflavin (B2), Niacin (B3), pantothenic acid (B5), pyridoxine (B6) dan folate (B9) yang menguatkan saraf dan kerja otak. Itu sebabnya jambu biji baik dikonsumsi oleh penderita rematik. Pyridoxine juga dapat memperlancar aliran darah dan menyembuhkan anemia.
Penyembuh Luka   
Vitamin C yang banyak terdapat dalam jambu biji berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, yang mencegah bakteri jahat berkembang biak dan melawan virus dari luar. Bersama flavonoid, vitamin C mempercepat proses penyembuhan luka dan infeksi. Kandungan vitamin C tinggi dan anti-oksidannya juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit.
Menstabilkan Tekanan Darah
Jambu biji mengandung potasium atau biasa disebut kalium/vitamin K yang mampu mengontrol kestabilan tekanan darah, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. Kalium juga membantu memperkuat saraf.

Sebenarnya masih banyak manfaat jambu biji yang lain. Buah ini mengandung beta karoten atau vitamin A cukup tinggi, yang baik untuk kesehatan mata. Daun jambu biji juga diandalkan untuk menyembuhkan diare, dan asam folat dalam buahnya dapat meningkatkan kesuburan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *