Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Moms Hamil

Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Moms yang ingin memiliki momongan kehamilan menjadi suatu yang ditunggu-tunggu. Namun setelah hamil, sering kali Moms tidak tahu makanan yang baik untuk ibu hamil maupun untuk sang baby. Padahal makanan menjadi hal yang sangat penting karena dari makanan yang dimakanlah janin di rahim dapat berkembang dan kesehatan sang ibu tetap terjaga. Nah, berikut adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil:

Telur

Telur mempunyai banyak protein yang penting pada masa kehamilan. Protein tersebut berguna untuk membentuk sel-sel pada bayi. Dalam telur juga memiliki kandungan lebih dari 12 vitamin dan mineral. Selain itu dalam satu butir telur jumlah kalorinya hanya 90 kalori. Telur juga kaya akan kolin, yang dapat meningkatkan pertumbuhan bayi, untuk membangun kesehatan otaknya , dan membantu mencegah cacat pada tabung syaraf. Beberapa jenis telur bahkan memiliki kandungan omega-3 yang penting bagi otak dan penglihatan.

Ikan Salmon

Memang semua ikan memiliki kandungan protein, tetapi hanya ikan salmon yang memiliki kandungan protein kualitas tinggi. Selain itu ikan salmon memiliki kandungan merkuri rendah yang bisa membahayakan perkembangan sistem syaraf bayi. Namun begitu ada baiknya untuk mengkonsumsi ikan salmon tidak lebih dari 12 ons per minggu untuk mengurangi paparan merkuri dalam tubuh.

Kacang Buncis

Ada begitu banyak manfaat kacang buncis bagi ibu hamil, karena dalam kancang buncis mengandung protein dan serat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, bahan makanan yang mengandung serat adalah sumber yang baik dari zat besi, kalsium, asam folat, dan seng.

Ubi jalar

Ubi jalar mempunyai warna yang khas yaitu oranye. Dalam warnanya yang khas ubi jalar ternyata mempunyai kandungan karotenoid, bila masuk ke dalam tubuh dapat berubah menjadi vitamin A. selain itu ubi juga salah satu sumber vitamin C, serat, dan folat.

Walnut

Jika Moms tidak menyukai ikan atau telur, walnut bisa menjadi solusinya. Mengapa demikian? Karena omega 3 yang terdapat dalam walnut ini merupakan yang terbesar dalam tumbuhan. Seperti yang kita ketahui omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi.

Yogurt

Yoghurt adalah makanan yang sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan minuman yang terbuat dari susu yang telah melalui proses fermentasi ini memiliki kandungan protein yang tinggi

Daging Tanpa Lemak

Sumber protein berkualitas tinggi lainnya adalah daging. Dalam pengolahannya sebaiknya dimasak sampai benar-benar matang karena dikhawatirkan terdapat bakteri dan parasit dalam daging seperti salmonella, dan toxoplasma Listeria monocytogenes yang dapat membuat pertumbuhan bayi terganggu.

Buah dan Sayuran

Dengan mengkonsumsi berbagai buah dan sayur berarti memastikan Moms dan bayi menerima asupan nutrisi. Keuntungan lain adalah ditahap akhir kehamilan bayi akan merasakan makanan yang dimakan melalui cairan ketuban. Maka ketika bayi lahir Ia sudah mengenali rasa dari buah-buahan dan sayuran yang Moms makan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *