Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Lebih Siap Hamil Tanpa Stress

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Ketika Moms merasa siap hamil dan melihat tanda positif di test pack tentunya sangat bahagia. Tetapi kemudian ada banyak hal yang mengganggu pikiran Moms, membuat Moms cemas dan stress. Jangan biarkan perasaan ini berlarut-larut Moms.

Banyak tips yang bisa Moms terapkan untuk mengatasi rasa cemas, momdadi.com pernah membahasnya beberapa waktu lalu. Dan masih banyak yang bisa Moms lakukan untuk menghadapinya, termasuk beberapa poin berikut:

Pelajari proses persalinan

Bila Moms mencemaskan tentang proses persalinan, sebaiknya Moms menambah pengetahuan tentang itu. Kemungkinan besar tidak seburuk yang Moms bayangkan. Sebaiknya konsultasikan ke dokter dan mengikuti kelas kehamilan untuk mendapatkan info yang jelas dan sesuai dengan kondisi Moms. Pelajari cara persalinan apa saja yang bisa Moms pilih dan tanyakan dengan jelas tahapannya. Moms juga bisa berkunjung dan melihat fasilitas rumah bersalin sebelum memutuskan tempat persalinan.

Bersiap menjadi orangtua

Siap hamil berarti siap menjadi mom bagi si kecil. Moms bisa menimba ilmu cara merawat bayi dari teman atau keluarga yang sudah terlebih dulu memiliki anak. Perdalam wawasan tentang parenting dan psikologi anak dari beragam media, plus cari tahu dokter anak atau posyandu terdekat untukmembantu Moms nantinya.

Hindari lelah di perjalanan

Tinggal di kota besar seperti Jakarta, membuat Moms harus menghadapi lalu lintas yang melelahkan dan memicu stress. Bila Moms harus menggunakan transportasi umum selama hamil, pastikan Moms mendapat tempat duduk. Hindari antrian panjang dan manfaatkan fasilitas kursi prioritas di Commuter Line atau bis Trans Jakarta. Jangan lupa membekali diri dengan air minum dan camilan sehat. Moms bisa juga membicarakan jam kerja dengan atasan untuk menghindari rush hour.

Mengatur finansial

Masalah finansial sering menjadi sumber stress. Sebelum tergoda untuk berbelanja segala macam perlengkapan bayi, sebaiknya buat daftar dan prioritas kebutuhan. Utamakan biaya persalinan dan hindari membeli perlengkapan mahal yang hanya dipakai sebentar. Pikirkan perlengkapan yang bisa dipinjam dari kerabat atau teman untuk menghemat biaya.

Siapkan support system

Dukungan orang terdekat sangat berguna untuk mengurangi faktor penyebab stress. Mintalah Dads untuk mengantar Moms ke dokter kandungan sesekali atau memijat punggung Moms saat pegal. Siapkan kerabat yang bisa menemani dan membantu Moms terutama menjelang dan sesudah persalinan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *