Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

JFEC Gali Kekayaan Kuliner Indonesia

Cooking demo di JFEC Gathering bersama Chef Widhi
Cooking demo di JFEC Gathering bersama Chef Widhi

Jakarta Food Editor’s Club atau JFEC baru saja menggelar gathering bertema “Menggali Identitas Kekayaan Kuliner Indonesia Melalui Pengolahan Bumbu Dasar & Teknik Memasak.” Komunitas yang digagas PT Unilever Indonesia Tbk ini menghadirkan pakar kuliner pemenang kompetisi Iron Chef tujuh kali, Chef Widhi Joestiarto.

Ia menekankan, kunci dasar dalam mengeksplorasi kuliner Indonesia adalah melalui tiga bumbu dasar : bumbu putih, merah, dan kuning, yang dikembangkan menjadi beragam masakan. “Masakan Padang umumnya menggunakan bumbu merah dan kuning. Masakan Betawi dan Sunda kebanyakan menggunakan putih dan kuning, sementara masakan Jawa Tengah biasanya menggunakan bumbu putih dan merah,” ungkap Chef Widhi.

Walaupun beragam, kuliner tradisi Indonesia memiliki kemiripan dalam teknik memasak yang menghasilkan rasa dan aroma kuat. Bila masakan Barat maupun negara Asia lain rata-rata memiliki dua hingga tiga tahap, masakan Indonesia bisa memiliki lebih banyak tahapan memasak. Salah satu teknik yang popular adalah ungkep, memasak menggunakan api kecil dan sedang, yang membuat bumbu meresap kuat ke dalam makanan.

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Unilever terus mendorong kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap ragam kekayaan warisan kuliner melalui edukasi mendasar. Salah satunya adalah mengenal bumbu, inti dari berbagai masakan Indonesia,” ujar Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *