Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Hati-hati Gejala Obesitas

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Ketika si kecil makan dengan lahap dan menyukai beragam jenis makanan, Moms & Dads biasanya merasa senang. Tetapi saat ia terus makan berlebihan dan sulit dihentikan hingga berat badannya naik pesat, sebaiknya Moms & Dads mulai waspada.

Si kecil kemungkinan mengalami binge eating disorder yang mengarah pada obesitas. Obesitas pada anak sama saja dengan orang dewasa,  bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, penyakit jantung, batu empedu, hingga kanker dan depresi.

Berikut gejala binge eating disorder menurut Michelle New, PhD, yang dilansir webmd.com:

  • Si kecil makan banyak dengan cepat, melebihi porsi orang dewasa
  • Makan saat merasa tertekan. Misalnya ketika orang tua bertengkar, ada masalah keluarga, dimusuhi teman, atau anjloknya  nilai ujian.
  • Ada kotak makanan atau banyak cemilan ditemukan tersembunyi di kamarnya.
  • Makan tidak teratur. Bisa saja ia melewatkan makan siang, tetapi kemudian makan banyak junk food dan makan di tengah malam.
  • Makan terus meskipun tidak lapar dan baru berhenti setelah perut sakit.
  • Merasa malu pada kebiasaan makannya hingga depresi.

Bila Moms & Dads menemukan semua gejala ini pada si kecil, cobalah ajak dia bicara tentang masalah yang mengganggunya. Selain berusaha mengurangi stress si kecil, ajak dia untuk mulai makan dengan cara lebih baik, menyediakan beragam makanan sehat di rumah, dan berolahraga bareng.

Tentunya Moms & Dads juga harus bisa menjadi contoh yang baik untuk si kecil. Hindari menjadikan makanan sebagai hadiah. Misalnya, janji makan di restoran tertentu bila ia meraih nilai matematika 10. Bila masalah ini sulit ditangani, Moms & Dads bisa berkonsultasi ke dokter atau psikolog.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *