Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Hadang Virus Flu di Musim Hujan

Musim hujan sering dibarengi wabah flu atau influenza. Biasanya nih, kalau ada teman yang flu di kelas, hanya dalam hitungan hari kita ikut tertular. Tapi kita bisa kok mencegahnya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sembilan cara berikut sudah dilakukan para dokter dan orang-orang yang aktif sekaligus rentan terkena virus influenza setiap saat. 

1.     Minum teh panas plus madu dan lemon

Sore-sore saat udara dingin, enaknya menyeruput teh kental panas dicampur perasan lemon atau jeruk nipis dan madu. Uap panas teh membuat cilia alias bulu hidung kita bekerja lebih baik dalam menyingkirkan bakteri dan virus. Sementara air lemon dan madu adalah anti bakteri. 

 

2.     Lebih banyak makan protein

Protein berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi biar tidak gampang sakit, kita sebaiknya memakan makanan yang mengandung protein, seperti telur, ikan, daging, tempe dan tahu.

 

3.     Menjaga kebersihan

Virus tidak hanya menyebar melalui udara, tetapi juga bisa dari benda-benda yang sering kita pegang, seperti meja dan kursi di kelas, pegangan pintu, ponsel, dan lainnya. Tidak ada salahnya bila kita mengelap dulu kursi dan meja kita dengan tissue dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan mengeringkannya sebelum makan.

 

4.     Menghembuskan nafas saat ada yang bersin atau batuk

Bila ada teman yang bersin atau batuk tidak ditutup di dekat kita, sebaiknya kita menahan nafas dulu. Lalu coba hembuskan nafas pelan-pelan sambil menjauh hingga beberapa meter agar virus di udara sekitar tidak terhirup.

 

5.     Gunakan peralatan sendiri

Berbagi memang baik, tapi kita tidak dianjurkan untuk berbagi peralatan makan,minum, dan tulis agar tidak tertular virus flu.

 

6.     Menjaga kebersihan hidung

Dengan teratur membersihkan lubang hidung setiap hari, kita bisa terhindar dari bakteri dan virus.

 

7.     Minum jus buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Kita bisa meminum satu jenis jus buah atau mencampur beberapa sayuran dan buah agar rasanya lebih enak, seperti wortel dengan jeruk, brokoli dengan nenas atau apel hijau, dan lainnya.

 

8.     Berolahraga

Berolahraga hingga mengeluarkan keringat sangat baik untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Kita bisa memilih jenis olahraga yang mudah dilakukan seperti lari, bersepeda, atau senam pagi.

 

9.     Cukup istirahat

Tidur yang cukup membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat karena sel-sel beregenerasi dengan baik. Seusia kita sebaiknya tidur selama delapan sampai sembilan jam sehari.

 

—————————————————  

 

Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk mencegah dan mengobati infeksi serta menjaga sistem kekebalan tubuh agar kita tidak gampang terkena flu. Makanan berikut ini mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk, dan beberapa di antaranya kaya serat dan vitamin A.

  • Cabe merah
  • Paprika merah dan hijau
  • Brokoli
  • Pepaya
  • Stroberi
  • Bunga kol
  • Nenas
  • Kiwi
  • Mangga

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *