Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Demensia Alzheimer, Kenali 10 Gejalanya

Marc Wortmann dari ADI, DY Suharya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan perwakilan berbagai instansi pemerintah
Marc Wortmann dari ADI, DY Suharya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan perwakilan berbagai instansi pemerintah

Jangan maklum dengan pikun karena bisa jadi bukan tanda lanjut usia biasa, melainkan Demensia Alzheimer. Penurunan kemampuan kognitif akibat Alzheimer ini bahkan dapat terjadi lebih awal. Moms & Dads bisa mewaspadai gejalanya di usia sekitar 40 tahunan.

Di Bulan Alzheimer Dunia September ini, yuk kenali 10 gelaja umumnya, seperti yang dilansir yayasan Alzheimer Indonesia atau ALZI.

  1. Suka menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali dan sering lupa dengan kejadian barusan.
  2. Sulit fokus sehingga bekerja lebih lama dari biasanya.
  3. Sulit melakukan kegiatan rutin, seperti mendadak bingung dengan cara mengemudi, memasak, atau mengatur keuangan.
  4. Disorientasi waktu, hari, atau tanggal. Misalnya, lupa harus pergi ke acara apa hari ini atau jam berapa. Malah pergi ke tempat lain atau datang di jam yang salah.
  5. Sulit memahami visuospasial. Contohnya, sulit membaca, mengukur jarak, membedakan warna, bahkan tidak mengenali wajah sendiri di cermin.
  6. Gangguan berkomunikasi alias sulit berbicara dan mencari kata yang tepat, serta sering berhenti di tengah obrolan karena bingung.
  7. Menaruh barang sembarangan sehingga sulit dicari dan terlupakan, sampai akhirnya mencurigai orang lain mengambil barang itu.
  8. Salah mengambil keputusan. Contoh, berpakaian tidak serasi seperti kaos kaki berbeda warna, atau tidak menghitung uang kembalian dengan benar saat belanja.
  9. Menarik diri dari pergaulan. Kehilangan semangat untuk melakukan hobi atau berkumpul dengan teman dan cuek dengan keadaan sekitar.
  10. Perubahan perilaku dan kepribadian. Emosi mudah berubah drastis, sering bingung, mudah putus asa, dan sering mencurigai orang lain.

Moms & Dads dapat mencegah Alzheimer dengan memperbaiki kualitas hidup. Konsumsi makanan dengan gizi  seimbang, hindari beragam penyakit seperti hipertensi dan diabetes, rutin berolahraga, hingga selalu berpikiran positif dan tidak stress.

Pada 27 September nanti, DY Suharya, Executive Director ALZI, mengajak kita semua meramaikan World’s Alzheimer Month dengan ikut jalan sehat #MelawanPikun di Pintu Barat Daya Monas, Jakarta. Selain jalan sehat, akan ada senam massal #MelawanPikun dan deteksi kepikunan gratis. “Ada juga tari poco-poco bareng yang terbukti dapat menghambat demensia Alzheimer,” kata DY.

Sebelumnya, pada 11 September, Executive Director Alzheimer’s Disease International (ADI), Marc Wortmann memberikan penghargaan kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Agung, Balaikota. Apresiasi ini diberikan karena Pemrov DKI Jakarta memfasilitasi beragam sosialisasi kesadaran Alzheimer dan mencanangkan Jakarta sebagai kota metropolitan ramah lansia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *