Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Dampak Operasi Amandel

Dokter yang baik, anak saya usianya 9 tahun, belum lama ini baru saja operasi amandel. Pertanyaan saya, benarkah setelah operasi amandel maka tubuh sudah tidak dapat mendeteksi penyakit yang masuk melalui tenggorokan, karena amandel sebagai penghalang sudah tidak ada? Mohon penjelasannya ya dok. Terima kasih.

Yati, Lampung

Salam kenal juga Mommy Yati. Amandel atau tonsil merupakan organ yang penting bagi tubuh. Amandel adalah salah satu jaringan limfoid di daerah faring. Fungsi utamanya memproduksi sel-sel limfosit sebagai bagian dari sel darah putih.

Organ ini menjadi benteng pertahanan terdepan yang penting untuk melawan infeksi selaput lendir dari udara pernapasan sebelum masuk ke saluran napas bagian bawah. Tonsil juga memproduksi antibody Imunoglobulin A secretory untuk melawan bakteri.

Bagaimana jika dilakukan operasi amandel, apakah akan mempengaruhi daya tahan tubuh? Jawabannya sebisa mungkin amandel sebaiknya jangan dioperasi. Karena tubuh dapat kehilangan salah satu sistem pertahanan tubuhnya. Tubuh tanpa amandel akan lebih rentan sakit daripada yang ada amandelnya. Begitu penjelasan dari saya.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *