Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Cara Mengatasi Rasa Bosan Anak Selama Sekolah Online

Gambar ilustrasi dari pexels
Gambar ilustrasi dari pexels

Masa pandemi mengharuskan kita semua untuk berdiam diri di rumah. Kegiatan bekerja, belajar dan beribadah pun diharuskan dilakukan di rumah. Hal ini dianjurkan oleh Pemerintah guna memutus rantai Covid-19.  Saat kita melakukan aktivitas di dalam rumah setiap harinya pasti lama kelamaan akan muncul rasa bosan. Terutama bagi anak-anak yang saat ini bersekolah online. Saat bersekolah online anak-anak tidak bertemu secara langsung dengan gurunya, teman-temannya, sekolahnya. Pertemuan yang dilakukan hanya secara virtual secara terus menerus sehingga munculah rasa bosan itu. Dikarenakan biasanya saat di sekolah mereka bisa bermain bersama, bercengkerama dengan guru, teman-teman, dan lain sebagainya.

Pertama-tama yang perlu Moms ketahui bahwa rasa bosan tersebut adalah sesuatu hal yang wajar. Rasa bosan lahir dari respon tubuh terhadap kegiatan yang dikelola. Maksudnya, pengelolaan rasa bosan tergantung dari cara kita mengelolanya akankah nantinya rasa bosan itu berkurang atau sebaliknya. Rasa bosan akan berkurang apabila kita mencapai tujuan kegiatan yang dilakukan. Banyak cara untuk mengatasi rasa bosan dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih produktif. Maka dari itu, Moms harus punya cara yang menyenangkan untuk mengatasi rasa bosan yang muncul pada anak. Berikut aktivitas-aktivitas yang dapat Moms & Dads lakukan dengan anak untuk mengatasi rasa bosan.

 

Bermain dengan hewan peliharaan

Kegiatan ini merupakan hal yang menarik karena bermain bersama hewan peliharaan dapat menghibur diri, mengusir rasa bosan serta dapat melatih kinerja otak anak. Moms dapat mengajarkan cara memberi makan, memandikannya, bermain bersama sekaligus melatih hewan tersebut. Rasa bosan pada anak pun menjadi hilang seketika karena terlalu asyik bermain bersamanya.

Melakukan hobi bersama anak

Moms pasti tau kan hobi anaknya? Nah, jika sudah mengetahui apa hobi anaknya, Moms bisa membantu untuk mengembangkan hobinya saat waktu luang. Cukup mendampingi dan mengajarkan apa yang disukai oleh sang anak. Hal ini dapat menimbulkan rasa senang pada anak sehingga memunculkan energi baru untuk melakukan aktivitas lainnya. Kegiatan yang dilakukan dan disukai oleh anak dapat juga memunculkan kreativitas yang tinggi. Maka dari itu, biarkan anak menyukai apa yang disukai dan jangan memaksakan apa yang Moms sukai yaaa. 

Berolahraga

Olarahraga saat pandemi seperti ini memang harus dilakukan. Dengan berolahraga tubuh menjadi kebal terhadap virus-virus yang ingin menghampiri kita. Lakukanlah olahraga yang ringan pada anak seperti jogging di pagi hari. Jangan lupa Moms untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu ya!

Membersihkan rumah

Pentingnya untuk menjaga kebersihan rumah agar penghuni rumah merasa nyaman. Apalagi dalam keadaan seperti ini yang mengharuskan kita untuk berdiam diri di rumah. Moms bisa ajak si anak bagaimana cara membersihkan rumah. Salah satunya mengajarkan suatu hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Dalam membersihkan rumah dapat dilakukan dengan cara yang fun loh sehingga anak tertarik untuk melakukannya serta mendapatkan edukasi mengenai kebersihan.

Belajar skill baru

Mengajarkan kemampuan baru pada anak akan menambah pengetahuan yang nantinya akan berguna di kemudian hari. Anak dapat belajar bahasa asing, belajar bela diri, belajar alat musik dan lain-lain. Hal ini akan menambah nilai tambah bagi anak yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupannya.

Itulah aktivitas-aktivitas supaya anak tidak bosan selama sekolah online. Jadi, tunggu apalagi? Moms dapat menerapkannya selama masa pandemi. Stay at home ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *