Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

BKGN 2015 Menyehatkan Gigi dan Gusi Moms Hamil

Pepsodent BKGN 2015 peduli kesehatan gigi ibu hamil
Pepsodent BKGN 2015 peduli kesehatan gigi ibu hamil

Kelahiran bayi prematur dengan berat badan lahir rendah atau BBLR bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah kesehatan gigi dan gusi Moms. Itu sebabnya di tahun ke-6 penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN), Pepsodent mengingatkan Moms untuk melakukan perawatan gigi dan gusi agar mampu mengurangi angka bayi dengan BBLR.

Gigi dan gusi yang kurang sehat membuat Moms lebih rentan terinfeksi saat hamil karena rongga mulut adalah gerbang awal masuknya bakteri ke dalam tubuh. Meningkatnya kadar hormon progesterone saat hamil juga membuat gusi lebih mudah berdarah, bengkak dan memerah karena tumpukan plak.

“Bila tadinya ibu hanya mengalami gingivitis, saat hamil akan meningkat menjadi periodontitis. Bisa juga terjadi epulis gravidarum atau tumor jinak, yang membuat banyak ibu takut menyikat gigi sehingga memperparah kondisi,” tutur drg. Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia, saat pengenalan program di Hotel Mulia, Jakarta, 3 September.

Ginekolog dr. Boy Abidin, SpOG (K) dari RS Mitra Kelapa Gading, menambahkan,”Gangguan gigi dan gusi membuat Moms cenderung tidak mengunyah makanan dengan baik padahal ini tahap awal pencernaan. Makanan yang tidak dicerna dengan baik kurang bisa diserap tubuh sehingga janin bisa kekurangan nutrisi dan mengalami BBLR.”

Untuk mengedukasi Moms, BKGN 2015 mengadakan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis bekerjasama dengan 20 FKG dan 25 PDGI Cabang setempat di 14 kota. Program ini dimulai di Surabaya, 16-18 September bersama FKG Unair, lalu Bali pada 17-19 September, Purwokerto, Jakarta, Semarang, Makassar, Jember, Yogyakarta, Palembang, Medan, Bandung, Padang, Aceh, dan Manado. Di Jakarta sendiri, Moms bisa mengunjungi FKG UI pada 21-23 September, FKG Usakti 5-7 Oktober dan FKG Moestopo Beragama 23-25 November.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *