Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Tips Atasi Si Kecil yang Ketakutan

Image by freepik - www.freepik.com
Image by freepik – www.freepik.com

Moms kuatir melihat si kecil yang sering bersembunyi karena ketakutan di balik tubuh Moms bila bertemu orang lain? Atau si kecil akan menjerit dan lari ketakutan saat seekor laba-laba merangkak ke arahnya? Bisa juga ia tidak mau datang ke pesta ulang tahun temannya yang mengundang badut. Atau si kecil takut untuk tidur sendiri di kamarnya dengan lampu dimatikan?

Rasa takut tentunya dimiliki setiap orang, bukan hanya anak-anak. Kita juga mengenal istilah fobia, rasa takut berlebihan terhadap sesuatu atau situasi tertentu yang sangat sulit hilang. Bagaimana kita para orangtua bisa membantu mengatasi ketakutan si kecil? Tentunya harus dengan ketekunan, kesabaran, dan sikap positif. Membuat lelucon dari ketakutannya hanya akan menambah trauma dan memicunya untuk bersikap tertutup. Jadi, kita harus memberikan energi positif agar si kecil dapat melawan rasa takutnya.

Ada tiga cara mengatasi rasa takut si kecil, yaitu :
•    Mengalihkan perhatiannya dengan kegiatan lain.
•    Mendorongnya untuk menceritakan rasa takutnya.
•    Mendampingi dia menghadapi rasa takut secara perlahan.

Nah contoh umumnya, misalkan si kecil takut gelap, apalagi kalau mau tidur apabila lampu dimatikan di kamarnya ia merasa ketakutan dan tidak mau tidur di kamarnya sendiri. Moms & Dads bisa mengajaknya mengobrol tentang kegelapan yang indah, seperti  pasar malam yang penuh mainan, atau langit malam yang berhias bulan dan bintang. Secara perlahan, kurangi intensitas terang lampu di kamarnya hingga akhirnya si kecil mau tidur dalam kondisi gelap atau lampu dimatikan. Dan jangan lupa juga untuk beritahukan bahwa dengan mematikan lampu saat tidur dapat menghemat listrik juga, itu akan menjadikan pengetahuan barunya serta mengedukasi.

Ada juga tips menarik mengatasi rasa takut dari anak-anak sendiri. Caranya, gambarkan benda atau binatang yang ditakuti, lalu sobek-sobek kertasnya seakan dia sudah berhasil mengalahkan monster. Tips paling ampuh di antara semuanya adalah biarkan anak tahu bahwa dia tidak menghadapi ketakutannya sendirian, ini yang paling penting ya Moms.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *