Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Timeline USG Selama Hamil

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Moms, pemeriksaan USG atau ultrasonografi dapat dilakukan berkali-kali sesuai kebutuhan. Idealnya, dokter kandungan akan menyarankan tiga kali USG hingga mendekati jadwal persalinan. Pemeriksaan ini berfungsi untuk memonitor perkembangan janin dan kondisi kehamilan secara total.

Berikut timeline USG yang direkomendasikan:

Trimester I, usia kehamilan antara 10-14 minggu

Moms & Dads dapat medeteksi bila ada kelainan pada kromosom, terutama trisomi 21 atau down syndrome dengan mengukur Nuchal ( NT) dan nasal bone. Pada kehamilan 11-13 minggu, trisomi 21 bisa ditandai dengan tidak tampaknya nasal bone atau tulang hidung pada hasil USG.  USG awal ini juga berfungsi untuk mendeteksi perkembangan kepala janin.

Trimester II, usia kehamilan 18-27 minggu

Melalui USG, Moms & Dads sudah dapat melihat perkembangan organ-organ tubuh atau morfologi janin. Lewat deteksi ini, kita tidak dapat menentukan apakah organ tubuh janin akan berfungsi dengan baik atau tidak. Tapi bila tampak ada gangguan pada perkembangan fisiknya, dokter bisa memperkirakan organ si kecil akan kurang berfungsi dengan baik.

Trimester III, usia kehamilan 28-32 minggu

Menilai pertumbuhan janin secara fisik. Moms & Dads juga akan mendapatkan perkiraan berat badannya.

Dr. Reino Rambey, SpOG, dokter spesialis Obgyn di Klinik Visi Scan, Jakarta Pusat mengungkap saat ini Moms & Dads cenderung memilih pemeriksaan USG 4D atau 4 dimensi dibanding USG 2D dan 3D. Hasilnya memang tampak lebih jelas karena berupa video berdurasi singkat.

“Sebenarnya sama dengan USG 3D, tetapi karena ada jarak dan waktu membuat gambar yang dihasilkan bergerak. Lebih jelas untuk bisa mendeteksi perkembangan janin. Tapi sayangnya banyak orangtua yang lebih fokus pada gambaran gender dan wajah janin,” ujar Dr. Reino.

So, Moms & Dads ikuti timeline USG yang disarankan dokter kandungan. Tanyakan lebih detail seperti apa perkembangan janin yang terdeteksi USG. Masalah sekecil apapun bila terdeteksi lebih cepat akan membuat kita lebih siap menghadapinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *