Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Sarah Juwita Remaja Inspiratif SOS Children’s Villages Menjadi Delegasi Indonesia di ASEAN Youth Conference 2023

Foto : Istimewa

Sarah Juwita, salah satu remaja SOS Children’s Villages yang sedang menempuh pendidikan sebagai mahasiswi program studi Hubungan Internasional di salah satu universitas negeri di Jakarta, terpilih menjadi delegasi dari Indonesia untuk mengikuti ASEAN Youth Conference 2023. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari pada 3-5 November 2023 di ASEAN Sekretariat Jakarta. Sebagai delegasi Indonesia, Sarah bergabung di ASEAN Youth Conference 2023 bersama 130 delegasi dari 30 negara.

ASEAN Youth Conference (AYC) adalah acara tahunan yang diinisiasi oleh ASEAN Youth Organization dan diselenggarakan oleh negara yang memegang keketuaan ASEAN. Konferensi ini akan menjadi kontribusi generasi muda dalam melaksanakan agenda perdamaian, stabilitas, solidaritas, persatuan, kemakmuran, dan keberlanjutan di ASEAN sesuai dengan kepemimpinan Indonesia di ASEAN, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

Menyadari peran pemuda sebagai katalis perubahan, AYC bertujuan untuk mempertemukan para pemimpin pemuda dan generasi muda dari seluruh ASEAN dan negara-negara mitranya untuk berkolaborasi dan membuat rencana aksi yang dapat membantu untuk mempercepat pengembangan komunitas ASEAN. Sejak dimulainya program ini pada tahun 2018, AYC telah memberikan dampak langsung kepada 1.000+ pemimpin pemuda dan telah menginspirasi lebih dari 30.000 pemuda ASEAN sebagai bagian dari misi payung AYC untuk menghasilkan perubahan yang berkelanjutan dan dapat ditindaklanjuti.

ASEAN Youth Conference juga merupakan acara tahunan yang mempertemukan generasi muda terbaik tidak hanya dari seluruh Asia Tenggara tetapi juga Eurasia untuk terlibat dalam diskusi inovatif mengenai berbagai tantangan di kawasan ASEAN. Dalam kegiatan ASEAN Youth Conference 2023 terdapat tiga pilar dalam konferensi tersebut, yaitu Pilar Ekonomi ASEAN, Pilar Politik-Keamanan ASEAN, dan Pilar Sosial Budaya ASEAN. Pada kesempatan ini, Sarah Juwita berkontribusi pada Pilar Politik-Keamanan ASEAN dengan topik utama Advancing Youth, Peace and Security Agenda dengan tema “Guardians of the Sustainable Future for a Resilient ASEAN”.

Sebagai delegasi dari Indonesia, tentunya kesempatan ini merupakan pengalaman berharga yang tidak terlupakan bagi Sarah Juwita, ia mengungkapkan “Konferensi ini memberikan saya kesempatan untuk menjalin hubungan dengan rekan-rekan, pembuat kebijakan, dan pakar untuk memperdalam pemahaman tentang isu-isu regional dan menumbuhkan perspektif global. Tim saya berkesempatan membahas mengenai drug trafficking, yang bertujuan untuk terus berbagi informasi terkait obat-obatan terlarang sebanyak-banyaknya dan dengan harapan dapat memperkuat pengetahuan dan kesadaran para kaum muda.”

Sarah Juwita juga diberikan kesempatan untuk memberikan pidato singkat mewakili delegasi Indonesia dengan mengangkat salah satu dari 10 isu yang ada pada pilar yang dipilihnya yaitu Radicalism and Extreme Violence in ASEAN Youth. Dalam pidatonya, Sarah Juwita menyampaikan bahwa langkah-langkah preventif dan kolaboratif perlu diperkuat untuk mencegah penyebaran ideologi radikal. ASEAN harusnya dapat secara efektif mengatasi tantangan ini dan memastikan keamanan bersama dengan tidak hanya memprioritaskan kerja sama intelijen lintas negara, tetapi juga melalui memperkuat pengetahuan dan kesadaran pada kaum muda. Deradikalisasi sedari dini dapat mencegah radikalisme dan kekerasan ekstrim yang kini menjadi semakin nyata.

Menanggapi keterlibatan Sarah Juwita sebagai delegasi Indonesia di ASEAN Youth Conference 2023, Yunus Ismail, Youth Development Director SOS Children’s Villages menyatakan “Suatu kebahagian bagi saya dan semua di SOS Children’s Villages yang selalu dibuat bangga atas pencapaian yang diraih oleh para remaja kami. Kali ini, Sarah memberikan upaya nyata demi menyampaikan aspirasi kaum muda Indonesia di kancah ASEAN. Kepedulian Sarah terhadap pemberdayaan remaja mencerminkan keinginan kuat dari remaja di Indonesia terus berupaya untuk membuat perubahan demi masa depan yang lebih baik. Dukungan saya sepenuhnya untuk Sarah dan seluruh delegasi yang terlibat dalam ASEAN Youth Conference 2023. Semoga apa yang Sarah lakukan dapat mewujudkan perubahan positif, tidak hanya untuk remaja di Indonesia, tapi juga di ASEAN.”

SOS Children’s Villages telah hadir sejak tahun 1972 di Indonesia. SOS Children’s Villages bukan hanya sebuah tempat bagi para anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua untuk tinggal, namun juga memberikan mereka kasih sayang keluarga pengganti, pemenuhan hak-hak dasar mereka. Selain itu, SOS Children’s Villages juga aktif mendukung pemberdayaan kaum muda, untuk kelayakan kerja dan kewirausahaan melalui program YouthCan! bersama berbagai mitra perusahaan baik global maupun lokal sejak tahun 2017. SOS Children’s Villages memiliki mimpi besar bagi anak-anak Indonesia agar mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, berakhlak dan bermanfaat bagi banyak orang.

Sebagai salah satu remaja dalam pengasuhan SOS Children’s Villages, Sarah Juwita juga menyampaikan “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada SOS Children’s Villages yang telah memfasilitasi dan memberi saya kesempatan untuk bersuara sebagai remaja Indonesia. Selalu banyak hal baik dan pembelajaran hebat yang saya dapatkan bersama SOS Children’s Villages. Dalam misinya, SOS Children’s Villages memperjuangkan pemenuhan hak-hak bagi anak dan remaja, khususnya hak untuk berpartisipasi dan saya hari ini bisa berpartisipasi dalam konferensi tingkat ASEAN tentunya tidak terlepas dari apa yang telah SOS Children’s Villages berikan kepada saya dan anak-anak lainnya.”

Kedepannya, SOS Children’s Villages Indonesia berharap untuk dapat terus aktif dalam pemenuhan hak-hak dasar, perlindungan bagi anak-anak serta pemberdayaan kaum muda. Tentunya dengan dukungan luar biasa dari para mitra dan Sahabat SOS, SOS Children’s Villages Indonesia yakin dapat menjalankan visi dan misi serta program kerja yang dibangun demi masa depan anak-anak Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SOS Children’s Villages di Indonesia, silahkan mengunjungi https://www.sos.or.id/dukungan-anda. Saatnya kita bersatu #BersamaUntukAnak demi mewujudkan masa depan cerah bagi anak-anak Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *