Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Olahraga Pada Masa Kehamilan Memperlancar Persalinan

Image by StockSnap on Pixabay
Image by StockSnap on Pixabay

Malas berolahraga saat hamil? Moms, ternyata olahraga bisa mempermudah proses persalinan normal dan pemulihan persalinan caesar. Olahraga selama kehamilan bisa membahayakan ibu dan janin ternyata hanya mitos, Moms. Karena dengan Moms melakukan aktivitas fisik yang simple seperti berjalan kaki, berenang, yoga bahkan jogging bisa membantu mempelancar persalinan. Tidak hanya itu, olahraga juga mencegah ibu hamil mengalami obesitas yang bisa membahayakan janin dan si ibu.

Menjaga kehamilan bukan berarti Moms tidak perlu banyak bergerak dan hanya beristirahat sepanjang hari saja loh. Kehamilan bisa membuat Moms merasa lebih lelah dari biasanya, serta menyebabkan punggung Moms untuk menahan beban yang ekstra. Nah dengan tubuh yang aktif justru akan mendatangkan banyak manfaat bagi ibu hamil dan si kecil yang sedang dalam kandungan. Apalagi saat kehamilan memasuki trimester ketiga,  ketika para ibu hamil akan mengalami peningkatan nafsu makan. Namun, di sisi lain tubuh yang semakin membesar dan membengkak membuat para ibu malas bergerak dan memilih untuk banyak istirahat. Inilah yang membuat kenaikan berat badan ibu hamil pada trimester tiga akan melonjak drastis.

Saat mendekati persalinan, pasti para Mom dianjurkan untuk banyak bergerak supaya tidak mengalami obesitas saat mendekati persalinan. Apalagi untuk ibu hamil yang memilih melahirkan normal, berolahraga akan membantu proses melahirkan dengan lebih mudah.

Olahraga yang mudah serta ringan yang bisa Moms lakukan pada masa kehamilan yaitu dengan berjalan kaki. Karena dengna berjalan kaki, Moms dapat melakukan olah tubuh yang aman karena memberikan tekanan minimal pada sendi. Untuk pilihan olahraga lainnya Moms bisa memilih yoga dan pilates tapi khusus untuk ibu hamil  ya Moms, karena ada gerakan-gerakan khusus yang dapat melatih kekuatan dan kelenturan otot. Kemudian untuk pilihan lain Moms bisa lakukan dengan berenang, yang juga merupakan aktivitas yang bermanfaat serta menyenangkan. Asal olahraga tidak dilakukan berlebihan, maka dapat mendatangkan manfaat maksimal loh Moms.

Selain olahraga formal, melakukan aktivitas sehari-hari seperti membereskan rumah atau berbelanja juga merupakan olah tubuh yang menjaga tubuh tetap aktif. Lakukan gerakan aktif setidaknya 30 menit sehari.

Olahraga juga bisa mempercepat pemulihan pasca operasi caesar. Kehamilan juga menjadi lebih nyaman karena olahraga bisa mengurangi stress dan mengurangi risiko obesitas pada anak. Yuk Moms, olahraga saat hamil!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *