Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Nanas Untuk Moms Hamil, Bahayakah?

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Buah nanas dengan rasa dan bentuknya yang khas sering dianggap terlarang untuk moms hamil muda. Banyak yang percaya buah tropis ini bisa memicu keguguran. Benarkah?

Sampai sekarang belum ada riset yang membuktikan hal ini. Tapi nanas memang mengandung enzim bromelain, yang membuat serviks melembut dan bisa memicu keguguran atau persalinan prematur. Hanya saja kadarnya sedikit, jadi anggapan itu baru benar bila Moms memakan tujuh buah nanas utuh sekaligus!

Selain itu, makan buah ini berlebihan membuat perut Moms bereaksi. Masalah dalam perut akan menstimulasi rahim dan meningkatkan risiko keguguran di kehamilan muda.  Tapi Moms juga bisa memanfaatkan efek buah ini pada perut menjelang persalinan. Makan nanas dalam jumlah cukup bisa membantu persalinan karena memicu kontraksi.

Selain efek negatif, bromelain memiliki banyak manfaat. Ini beberapa di antaranya:

  • Mematikan sel kanker. Dalam jurnal Anticancer Drugs, yang dirilis Februari 2014, enzim ini mampu meningkatkan kematian sel kanker dan berpotensi digunakan untuk terapi pasien kanker, terutama kanker paru.
  • Mengatasi radang dan pereda nyeri. Sifat anti radangnya baik untuk mengatasi nyeri sendi dan mempercepat penyembuhan luka.
  • Memperbaiki sistem pencernaan. Bromelain membantu tubuh mencerna makanan dan menyerap nutrisi dengan lebih efisien. Selain itu, efektif mengatasi masalah saluran cerna seperti radang usus, sembelit, kanker usus besar, dan lainnya.
  • Memperbaik sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mengatasi alergi terutama yang berkaitan dengan udara, seperti asma.

Bromelain hanya sedikit terdapat dalam daging buah dan lebih banyak berada di bagian tengah yang disebut bonggol. Enzim ini akan hilang atau rusak bila nanas diproses, seperti dikemas dalam kaleng atau dalam bentuk jus kemasan. Moms akan mendapatkan efeknya bila memakan buah segar lengkap dengan bonggolnya atau menjadikan bonggol nanas jus dan smoothie.

Selain mengandung bromelain, buah manis dan juicy ini kaya serat, vitamin B1 yang berguna untuk kesehatan jaringan saraf dan jantung,  vitamin B6, vitamin C,  dan beberapa mineral. Tapi tetap disarankan untuk tidak memakannya terlalu banyak karena berkalori tinggi dari gula, yang bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional. Moms bisa mengkonsumsinya sebagai campuran rujak, salad, atau meminum satu gelas jus nanas segar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *