Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Mengatasi Puting Nyeri

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Di minggu pertama menyusui si kecil, banyak Moms mengalami puting nyeri. Kondisi ini masih normal bila rasa nyeri itu hilang dalam waktu beberapa detik. Tetapi bila tidak juga hilang selama menyusui, berarti ada masalah yang perlu Moms perbaiki. Jangan tunggu sampai puting Moms lecet apalagi berdarah.

Penyebab nyeri ini bisa karena si kecil belum menyusu dengan sempurna. Ia bukannya mengisap dari payudara Moms, tapi hanya dari puting sehingga mencederai puting. Moms bisa melihatnya lewat bentuk puting yang berubah menjadi kecil  memanjang mirip batang lipstick atau ada guratan di tengahnya.

Posisi si kecil saat menyusui juga berpengaruh. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi nyeri puting:

  • Ubah posisi si kecil saat menyusui hingga terasa lebih nyaman buat Moms maupun si kecil. Perhatikan agar si kecil mengisap dengan benar. Posisi yang nyaman akan membuat si kecil juga lebih senang menyusu.
  • Olesi puting Moms yang terasa nyeri dengan ASI setiap kali selesai menyusui untuk membantu penyembuhan luka. Bisa juga dikompres sebentar dengan es sebelum menyusui.
  • Kenakan bra yang nyaman dan tidak terlalu ketat saat menyusui.
  • Hindari membersihkan puting dengan alkohol atau sabun karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Saat selesai menyusui, lepaskan isapan bayi secara perlahan dari puting dan payudara Moms.
  • Bila nyeri belum reda, Moms bisa berhenti dulu menyusui si kecil langsung dari payudara Moms. Sebagai gantinya, Moms bisa memompa ASI dan memberikannya lewat botol atau dengan sendok pada si kecil.
  • Konsultasikan ke dokter, bidan atau ahli laktasi bila puting Moms terus-menerus terasa nyeri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *