Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Lima Nutrisi Penting Saat Hamil

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Lima nutrisi ini sangat diperlukan selama Moms hamil. Selain mampu menjaga kesehatan kehamilan juga penting untuk perkembangan janin. Ayo cari tahu Moms, dan masukkan dalam daftar menu harian Moms begitu merencanakan kehamilan hingga sepanjang hamil.

Ini dia lima nutrisi andalan para Moms hamil:

Folat atau asam folat dalam bentuk sintetis. Folat sangat diperlukan terutama sebelum konsepsi  hingga 6 minggu pertama kehamilan. Salah satu jenis vitamin B ini dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida hingga 70%.

Kebutuhan harian folat untuk Moms minimal 400 mikrogram, dan 600 mikrogram di trimester pertama. Moms bisa mendapatkannya dari beragam jenis makanan kaya folat, seperti kacang-kacangan, legume, beragam jeruk, melon dan pisang, gandum, sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan sawi, jamur, asparagus, daging unggas, ikan, tiram dan hati sapi. Bila Moms ragu karena folat tidak gampang diserap tubuh, Moms bisa menambahkan asam folat dari vitamin prenatal.

Kalsium. Untuk mencukupi angka kebutuhan harian kalsium sebanyak 1.200 mg, Moms bisa meminum dua gelas susu non fat plus sayuran hijau dan produk kedelai seperti susu kedelai, tempe dan tahu. Kalsium sangat diperlukan terutama di trimester kedua dan ketiga, ketika pertumbuhan tulang dan gigi janin mencapai puncak.  Mengkonsumsi cukup kalsium juga mencegah Moms terkena osteoporosis dini karena janin mengambil kalsium dari tulang Moms.

Zat besi. Mineral yang satu ini berperan untuk meningkatkan volume darah hingga 50% dan sangat penting di trimester ketiga. Moms cukup mengkonsumsi sebanyak 30 mg per hari. Daging dan hati sapi plus hati ayam kaya zat besi, begitu juga kerang-kerangan, ikan sarden, salmon dan tuna. Sumber nabatinya adalah bayam, lentil dan kacang-kacangan. Untukmembantu penyerapan zat besi dari makanan, Moms perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayuran kaya vitamin C. Moms juga bisa mencukupi kadarnya dengan meminum vitamin prenatal.

Zinc. Selama hamil kebutuhan zinc meningkat hingga 50%, menjadi sekitar 15 mg per hari. Kekurangannya bisa memicu cacat lahir, pertumbuhan janin terhambat dan persalinan prematur. Makanan kaya zinc dan lebih mudah diserap tubuh adalah seafood dan daging. Kacang-kacangan, gandum dan legume juga cukup banyak mengandung zinc.

Serat. Nutrisi yang banyak terdapat dalam buah-buahan, sayuran dan gandum ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Serat mencegah Moms mengalami konstipasi pemicu wasir dan membuat Moms lebih lama kenyang, terutama di bulan puasa ini. Konsumsi cukup 25-35 mg per hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *