Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

‘Kulkas Ungkep’ Samsung, Inovasi Untuk Indonesia

Purnomo Mokale + Joseph Martius + Simon Lee + Devina Hermawan +
Purnomo Mokale + Joseph Martius + Simon Lee + Devina Hermawan +

Perilaku masyarakat Indonesia dalam memilih dan membeli kulkas bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti konsumsi listrik, teknologi dan kapasitas kulkas yang mumpuni untuk menyimpan makanan sehari-hari, serta desain cantik yang cocok dijadikan dekorasi rumah. Terlebih, masyarakat Indonesia membutuhkan kulkas yang dapat menyimpan makanan dalam jumlah besar untuk keluarga. Salah satu makanan yang cukup sering menjadi pilihan masyarakat untuk santapan sehari-hari adalah makanan ungkep. Makanan ini dapat disimpan pada freezer maupun chiller. Namun, proses pencairan makanan ungkep yang disimpan pada freezer membutuhkan waktu yang lama. Sementara jika disimpan pada chiller, tinggi kemungkinan makanan tersebut membusuk jika disimpan dalam waktu yang lama.

Untuk menjawab kebutuhan dari masyarakat Indonesia menyimpan makanan ungkep bagi keluarga, Samsung Electronics Indonesia, resmi meluncurkan kulkas ‘Kulkas Ungkep’, berupa Top-Mounted Freezer (TMF) atau kulkas dua pintu di Indonesia, dalam dua pilihan desain: Pertama, BESPOKE Design yang stylish; kedua, desain dengan warna klasik yang sleek dan modern. Keduanya memiliki kompartemen khusus yang disebut Optimal Fresh+ untuk menyimpan makanan ungkep dan bahan makanan lainnya. Dengan penyesuaian suhu yang tepat, kompartemen ini bisa menyimpan berbagai bahan makanan dalam waktu lebih lama, tanpa mencapai kondisi beku, sehingga bisa diolah dengan cepat.

Samsung-TMF-Bespoke-Refrigerator.
Samsung-TMF-Bespoke-Refrigerator.

“Supaya makanan ungkep, maupun jenis makanan lain, bisa disimpan lebih lama sekaligus ready to cook, Samsung menghadirkan ‘Kulkas Ungkep’ dengan kompartemen spesial Optimal Fresh+ yang punya empat mode pendinginan. ‘Kulkas Ungkep’ Samsung ini hadir dengan dua pilihan desain yang bisa disesuaikan dengan preferensi konsumen. Pertama ada Kulkas Ungkep dengan desain BESPOKE yang unik dan stylish, yang dapat mempercantik interior dapur Anda. Selain itu kami juga menghadirkan Kulkas Ungkep dengan pilihan warna Black dan Silver. Keduanya cocok bagi keluarga yang mencari kulkas dengan kapasitas lebih besar tapi tidak menambah ukuran dimensi luar, punya performa pendinginan yang optimal untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama dan tetap hemat energi,” ucap Purnomo Mokale, Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia.

Celebrity chef Devina Hermawan mengatakan ‘Kulkas Ungkep’ Samsung telah memberinya kebebasan untuk mengkreasikan aneka makanan ungkep yang disukai oleh keluarga, yang bisa dibuat dalam jumlah besar, lalu disimpan lebih lama untuk disajikan dengan cepat saat dibutuhkan. “Dengan settingan suhu yang tepat, makanan ungkep saya bisa disimpan lebih lama di kompartemen khusus, tidak sampai beku, sehingga bisa dimasak segera saat anak-anak lapar. Benar-benar praktis,” ucap Chef Devina.

Samsung-TMF-Bespoke-Refrigerator.
Samsung-TMF-Bespoke-Refrigerator.

Chef Devina berbagi tips untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar dalam waktu lebih lama dan bagaimana kulkas dua pintu terbaru dari Samsung telah membantunya:

#1 Tempatkan dan Perlakukan Bahan Makanan dengan Benar di Kulkas

Bahan makanan seperti daging mentah, unggas, dan makanan laut, harus disimpan di tempat khusus atau wadah kedap udara agar mencegah kontaminasi silang dengan bahan makanan lain. Jenis makanan ini bisa disimpan di freezer supaya tahan lebih lama. Bahan segar seperti sayuran dan buah perlu dijaga selalu dalam keadaan kering dan ditempatkan dalam wadah khusus supaya tidak cepat layu. Sementara makanan sisa atau yang kemasannya sudah terbuka, perlu juga disimpan dalam wadah kedap udara atau dibungkus rapat agar tahan lama dan aromanya tidak menyebar.

Samsung membantu konsumen untuk menyimpan bahan makanan yang butuh perlakuan khusus dengan pengaturan suhu tertentu. Contohnya bila konsumen ingin menyimpan makanan ungkep, daging, ikan, atau unggas, tanpa harus membekukan sehingga bisa diolah lebih cepat. ‘Kulkas Ungkep’ Samsung punya kompartemen khusus yang disebut Optimal Fresh+ yang terletak di bagian atas fridge. Kompartemen Optimal Fresh+ punya empat mode pendinginan sehingga konsumen bisa menyimpan aneka bahan makanan lain sesuai keperluannya.

Pertama adalah soft freeze mode, untuk menyimpan makanan ungkep, daging, ayam, ikan, dan bahan makanan lain pada suhu -40C, sehingga bahan makanan bisa disimpan lebih lama tanpa menjadi beku, sehingga siap masak kapan saja, tanpa proses defrost. Lalu ada meat & fish mode untuk menyimpan daging atau ikan pada suhu dingin atau chilled di -10C, memberikan kesegaran yang tahan lebih lama dibandingkan penyimpanan pada fridge. Mode berikutnya adalah power cool mode yang dapat mendinginkan minuman minuman favorit Anda dua kali lebih cepat dibandingkan fridge. Dan mode terakhir adalah fridge mode, di mana kompartemen ini akan berada dalam suhu 30C. Cocok untuk menyimpan makanan seperti susu, yoghurt, dan keju.

#2 Pilih Kulkas Berkapasitas Lebih Besar untuk Penyimpanan Lebih Banyak

Chef Devina menyukai kulkas yang memiliki kapasitas besar. Chef yang juga seorang ibu sekaligus content creator ini, memang suka menyimpan banyak bahan makanan dan terbiasa memasak dalam porsi besar untuk keluarganya maupun dalam rangka konten. Tapi penyimpanan bahan makanan yang banyak perlu diperhatikan dengan cermat. Penyimpanan makanan yang cermat akan menjaga rasa makanan dan kesegaran lebih lama, dan mencegah kontaminasi. Menurut dia, bisa menyimpan lebih banyak akan membuat keluarga tak perlu sering-sering berbelanja. Dan dengan lebih banyak yang bisa disimpan, ibu bisa lebih mudah dalam melakukan meal planning.

Tapi biasanya kulkas berkapasitas besar membutuhkan ruang yang ukurannya pun besar. ‘Kulkas Ungkep’ terbaru dari Samsung punya solusi menarik. Kulkas ini dirancang dengan teknologi SpaceMaxTM, yang memberikan ruang penyimpanan internal hingga 20 liter lebih besar, tanpa memengaruhi dimensi luar kulkas. Rahasianya terletak pada dinding kulkas yang menggunakan bahan insulasi spesial urethane dengan efisiensi tinggi sehingga dinding kulkas bisa dirancang lebih tipis.

#3 Optimalkan Suhu Dingin agar Bahan Makanan Segar Lebih Lama

Hindari menyimpan bahan makanan dengan kepadatan berlebihan. Jangan biarkan kulkas terlalu penuh karena dapat mengganggu sirkulasi udara dingin dan menyebabkan pendinginan tidak merata. Berikan ruang di antara item untuk mempertahankan suhu yang konsisten.

Pendinginan dengan suhu yang optimal bisa membantu menjaga kesegaran bahan makanan segar di kulkas dalam waktu lebih lama. Untuk itulah ‘Kulkas Ungkep’ dari Samsung diperkuat fitur pendinginan All-Around Cooling yang akan mendinginkan bagian dalam fridge secara menyeluruh. Di mana pun bahan makanan ditempatkan, akan mendapatkan pendinginan yang optimal.

Teknologi ini mensirkulasikan udara dingin secara menyeluruh melalui saluran udara yang ditempatkan pada posisi strategis di fridge. Dengan cara ini, setiap bahan makanan yang ada di dalam rak maupun yang ditempatkan dalam wadah, akan mendapatkan suhu yang optimal.

#4 Monitor penggunaan energi kulkas Anda

Untuk memudahkan konsumen memantau konsumsi energi ini, ‘Kulkas Ungkep’ Samsung model BESPOKE dapat dihubungkan ke aplikasi SmartThings yang ada di smartphone. SmartThings punya fitur AI Energy Mode yang akan membaca pola pemakaian kulkas, seperti berapa kali dan berapa lama pintu kulkas dibuka. Keuntungannya konsumen bisa menghemat biaya listrik, sebab dengan fitur ini, kulkas akan menjaga kestabilan suhu dengan kompresor yang bekerja lebih optimal. SmartThings AI Energi Mode akan memonitor penggunaan listrik di kulkas dan estimasi biayanya. Lalu ia akan mengirimkan notifikasi bila penggunaan listrik di kulkas sudah melebihi batas penggunaan pada umumnya.

Itulah tips menyimpan makanan dalam kulkas ala Chef Devina dan bagaimana ‘Kulkas Ungkep’ terbaru dari Samsung membantunya.

‘Kulkas Ungkep’ dua pintu tersedia dalam 5 pilihan kapasitas (dalam liter nett): RT31 (305 liter), RT35 (348 liter), RT38 (393 liter), RT42 (415 liter) dan RT47 (465 liter) mulai dari harga Rp7.199.000. ‘Kulkas Ungkep’ BESPOKE tersedia dalam 3 pilihan warna: Clean Vanilla + Clean Peach, Clean White + Clean Pink, dan Clean White + Clean Navy. Varian BESPOKE tersedia dalam 4 kapasitas RT35 (348 liter), RT38 (393 liter), RT42 (415 liter) dan RT47 (465 liter) mulai dari harga Rp8.699.000.

‘Kulkas Ungkep’ dapat dibeli di toko online Samsung.com/id, dan konsumen dapat memperoleh cashback langsung Rp 500.000 untuk pemesanan ‘Kulkas Ungkep’ dan cashback langsung Rp 800.000 untuk pemesanan ‘Kulkas Ungkep’ BESPOKE pada periode 29 May – 13 Juli.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman ‘Kulkas Ungkep’ BESPOKE Samsung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *