Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Kecerdasan Intrapersonal, Akar Sukses Si Kecil

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Self-smart atau kecerdasan intrapersonal tak kalah penting dengan kecerdasan lainnya dalam teori Multiple Intelligences dari psikolog Howard Gardner. Bahkan semua orang perlu memilikinya karena menyangkut kemampuan memahami diri sendiri dan rasa percaya diri yang menjadi dasar kesuksesan seseorang.

Orang dengan kecerdasan intrapersonal tinggi akan mampu memahami emosinya, motivasi, keyakinan hingga tujuan hidupnya. Mereka tahu pasti apa yang mereka suka dan tidak, siapa mereka dan apa yang ingin mereka lakukan. Biasanya si kecil yang self-smart cenderung suka memotivasi diri-sendiri, mandiri, introvert, rapi, berorientasi tujuan, percaya diri, berpikir positif, dan mampu  mengintrospeksi diri.

Kecerdasan ini pada beberapa anak muncul secara alami. Tapi Moms & Dads juga bisa menstimulasi si kecil untuk meningkatkannya. Berikut ini beberapa contoh aktivitas yang bisa meningkatkan self-smart:

  • Memasang target. Dorong si kecil untuk memasang target di semester atau tahun baru ini. Moms & Dads bisa memintanya memasang target di bidang akademis, kegiatan ekskul maupun perilaku sehari-hari. Misalkan, tahun ini si kecil harus sudah lancar berbahasa Inggris, menjuarai pertandingan karate, atau sesederhana membereskan kamar sendiri.
  • Bermain peran. Minta si kecil untuk mendalami karakter seorang tokoh sejarah. Tuliskan pemikiran singkat tokoh tersebut dan bacakan di depan Moms & Dads sekeluarga.
  • Membuat prakarya. Ajak si kecil membuat prakarya, memotret hasilnya dan unggah di media sosial dengan caption penjelasan si kecil tentang karyanya tersebut.
  • Membuat jurnal. Si kecil bisa menuliskan di buku atau gadget tentang perasaan dan apa yang dia pikirkan setiap hari. Dia tak perlu menuliskan kegiatannya sehari-hari seperti dalam diary. Jurnal ini harus dia simpan dan bisa dibaca kembali beberapa tahun kemudian.
  • Mengenalkan beragam profesi. Moms & Dads bisa mengenalkan lewat buku cerita, tontonan, obrolan dan lainnya tentang beragam profesi. Tanyakan pendapat si kecil dan profesi apa yang menurutnya paling ia sukai dan cocok dengannya.
  • Mengikuti ekskul tertentu. Ekskul seni, debat, teater hingga klub buku dan majalah sekolah bisa meningkatkan kecerdasan intrapersonal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *