Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Grup Rumah Sakit Siloam Resmi Luncurkan Program Kehamilan Unggulan NEST

Siloam Hospital

Grup RS Siloam pada hari ini resmi meluncurkan program kehamilan unggulan bernama NEST di RS Siloam TB Simatupang dan RS Siloam Sriwijaya Palembang.  Bertempat di Auditorium RS Siloam TB Simatupang, acara Grand Launching ini dibuka langsung oleh dr. Dewi Anggraini, MARS, selaku Chief Executive Office RS Siloam TB Simatupang. Acara peluncuran program NEST dimeriahkan dengan talk show medis yang bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat terkait program NEST.

“Program NEST merupakan program layanan kehamilan paling komprehensif yang dirancang untuk mempersiapkan orang tua baru dalam menyambut sang buah hati sejak hari pertama ia dilahirkan,” tutur dr. Dewi Anggraini. Dengan tagline #NurtureYourLove, program NEST memberikan pelayanan, bimbingan, dan dukungan terbaik dalam mempersiapkan kelahiran si kecil. Tenaga medis NEST hadir untuk membantu kehidupan baru orang tua dalam perencanaan kehamilan, selama masa kehamilan hingga persalinan.

Lebih lanjut dr. Dewi menyebutkan jika program ini akan didukung penuh oleh tim dokter multidisiplin seperti spesialis kandungan dan kebidanan, anak, anestesi, gizi klinis, konsultan laktasi, serta bidan dan tenaga medis profesional lainnya.

Menurut data dari Kemendagri, mulai masa pandemi hingga Februari 2021 angka kelahiran di Indonesia naik 10% atau sekitar 501.000 jiwa dan diprediksi akan terus mengalami ledakan angka kelahiran hingga sebesar 4 juta jiwa setelah masa pandemi. Sejalan dengan riset dari World Health Organization, sekitar 80% ibu hamil mengalami rasa takut dan kecemasan dalam menyambut kelahiran bayinya dan hal tersebut diperparah dengan adanya pandemi yang melanda secara global. Di sisi lain, ibu hamil juga butuh dukungan sosial dan emosional yang lebih untuk melewati proses kehamilannya tanpa menimbulkan rasa khawatir yang berlebihan.  Untuk itu, Program NEST hadir sebagai jawaban atas keresahan tersebut dengan memberikan pelayanan terbaik sehingga calon orangtua merasa aman dan nyaman selama mengandung dan saat melahirkan sang buah hati.

Layanan program NEST hadir sejak sebelum masa kehamilan dengan pemeriksaan kesehatan orang tua untuk memastikan bahwa keduanya siap secara fisik dan mental. Di usia kehamilan trimester pertama, program NEST menawarkan pemantauan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan, senam hamil, senam nifas, kelas laktasi, edukasi mengenai perawatan bayi, perawatan ibu nifas, serta konseling tentang nutrisi, aktivitas fisik, dan tanda-tanda bahaya selama kehamilan. Selanjutnya, kedua orang tua dapat mengikuti kelas persiapan persalinan di dua rumah sakit Siloam di mana akan disediakan berbagai kelas persiapan persalinan yang dirancang untuk membantu mengatasi berbagai tantangan dalam persalinan. Selain itu, program NEST juga memberikan menu makanan spesial sebagai bentuk perayaan, yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan selera pasangan suami istri.

Kamar VVIP

Setelah kelahiran, program NEST yang diberikan oleh rumah sakit meliputi edukasi dan konsultasi gizi oleh spesialis gizi, kunjungan berkala oleh dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, pembelajaran mengenai nutrisi ibu menyusui dan bayi, hingga edukasi mengenai kontrasepsi. Program NEST juga menyediakan layanan home care dimana pasangan ayah dan ibu diberikan fasilitas memandikan bayi, perawatan tali pusat, melakukan pijat pada bayi dan mengajarkan manajemen laktasi.

  1. Andre Viscountie, SpOG, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di RS Siloam TB Simatupang menjelaskan dalam proses persalinan mungkin dapat menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. “Program NEST menawarkan perawatan secara personal sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan calon ibu. Kami juga memiliki tim medis yang siap membantu calon ibu selama persalinan dan melahirkan, serta menawarkan berbagai teknik untuk mengurangi rasa sakit dan membuat pengalaman melahirkan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, misalnya dengan metode ERACS, senam nifas yang rutin, atau teknik pijat melahirkan,” ujar dr. Andre.

Lebih lanjut, dr. Andre berharap dengan adanya program NEST ini dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi seorang ibu saat melewati proses melahirkan sang buah hati dan mampu beradaptasi dengan baik sebagai orangtua baru.

Program NEST di RS Siloam TB Simatupang dan RS Sriwijaya Palembang memiliki berbagai layanan spesial untuk pasien yang memilih kamar VIP, VVIP, Suite dan Presidential Suite, baik dengan prosedur melahirkan normal maupun C-section. Bagi pasangan suami istri yang ingin mengetahui lebih lanjut program NEST dapat menghubungi nomor 0821 1002 1489 atau bisa datang langsung ke RS Siloam TB Simatupang atau RS Siloam Sriwijaya Palembang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *