Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Berat Badan di Usia Kehamilan 16 Minggu

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Moms, ketika usia kehamilan mencapai 16 minggu, janin sudah berkembang pesat. Tubuhnya semakin proporsional di trimester kedua ini, dengan ukuran mendekati buah alpukat. Proporsi wajah pun semakin sempurna, seperti letak mata dan telinga sudah mendekati posisi akhir.

Keadaan Moms juga semakin stabil. Tak lagi merasa mual, jarang moody, dan yang jelas, selera makan telah kembali normal bahkan mungkinĀ  bertambah. Di periode ini Moms mulai menambah berat badan cukup drastis. Umumnya para dokter akan menyarankan Moms menambah berat badan sekitar 6-7 kg selama trimester kedua. Dengan catatan Moms memiliki berat badan ideal di awal kehamilan. Moms perlu lebih banyak menambah berat badan bila underweight dan sebaliknya bila overweight.

Secara umum, selama hamil asupan kalori Moms lebih besar sekitar 300 kalori dari kebutuhan normal per hari. Tapi bila pertambahan berat badan Moms terlalu cepat atau Moms overweight, Moms perlu mengendalikannya. Bukan dengan cara melewatkan satu jam makan atau melakukan diet rendah kalori, tapi cobalah beberapa tips ini:

  • Memilih menu sarapan bergizi, yang mengandung cukup protein, karbohidrat kompleks, serat dan sedikit lemak sehat.
  • Mengkonsumsi banyak sayuran, gandum utuh, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak untuk menu makan siang dan malam. Hindari makanan olahan, snack kemasan dan makanan penutup penuh gula.
  • Selalu menyediakan makanan ringan sehat yang bernutrisi, misalkan buah potong atau buah kering, wortel muda, yogurt, dan keju rendah lemak.
  • Memilih makanan pengganti yang lezat tapi rendah lemak. Misalnya, saat Moms ingin makan es krim, gantilah dengan nonfat frozen yogurt atau pilih roti bagel ketimbang donat dan popcorn tanpa mentega ketimbang keripik kentang.
  • Perbanyak minum air putih ketimbang jus kemasan kaya gula atau soft drink.
  • Rutin berolahraga. Pilih olahraga yang dianjurkan dokter kandungan atau bidan dan sesuai dengan kondisi kehamilan Moms. Berjalan kaki 20 menit sehari bisa menjadi pilihan aman, begitu juga renang.

Di usia kehamilan 16 minggu ini juga Moms disarankan untuk lebih menikmati kehamilan. Manjakan diri Moms sebelum perut terlalu besar dan Moms sulit beraktivitas. Luangkan waktu bersama Dads, misalkan dengan pergi menonton di bioskop berdua, makan malam di luar rumah dan lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *