Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Atasi Jerawat Saat Hamil

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Jerawat saat hamil bisa muncul, bertambah atau mungkin malah hilang. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh tubuh Moms, termasuk kulit wajah.

Jerawat yang cenderung muncul disebabkan kadar hormon androgens yang meningkat. Hormon ini memicu perbesaran kelenjar sebaceous sehingga sebum yang dihasilkan lebih banyak dari biasanya. Kelebihan sebum dipadu sel kulit mati akan menghambat sel kulit di antara folikel rambut dan pori-pori, membuat bakteri menumpuk lebih cepat. Akhirnya timbullah bengkak dan jerawat.

Moms mungkin akan berjerawat ringan hingga parah sepanjang kehamilan atau sesekali saja. Tak ada cara untuk menghindarinya, tapi Moms bisa menangani jerawat saat hamil dengan cara-cara berikut:

  • Cuci wajah dengan sabun lembut atau pembersih secara teratur, dua kali sehari.
  • Jangan menggosok wajah dengan washlap karena bisa mengiritasi kulit dan memperparah jerawat. Sebaiknya gunakan tangan untuk membasuh wajah dengan lembut.
  • Keringkan kulit wajah dengan cara ditepuk pakai handuk, bukan diusap.
  • Bila menggunakan pelembab, pilihlah yang bebas minyak.
  • Jangan memencet jerawat karena akan lebih parah, meradang dan berbekas.
  • Jika ingin memakai riasan wajah, pilih make up berbahan dasar air bukan minyak. Perhatikan labelnya dan pilih yang bertulisan ‘noncomedogenic’ atau ‘nonacnegenic.’ Ini artinya kosmetik tidak akan menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Selalu bersihkan wajah dari make up sebelum tidur.
  • Konsultasikan ke dokter atau bidan tentang lotion dan gel anti jerawat yang aman untuk Moms hamil. Sebuah produk mungkin ampuh menghilangkan jerawat, tapi bisa jadi kandungannya kurang cocok untuk moms hamil.

Bila jerawat cukup parah, lebih baik Moms meminta bantuan dermatologist untuk mengatasinya. Tapi hindari obat yang diminum ya Moms, karena bisa mempengaruhi janin.

Sebenarnya, kehamilan membuat kulit Moms lebih bercahaya dari biasanya. Bukan karena hormon, melainkan karena aliran darah yang mengandung air lebih banyak dan lancar. So, atasi jerawat dan tampil lebih berkilau deh di Hari Valentine nanti.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *