Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Mengatasi Sembelit Si Kecil

Gerakan mengayuh membantu si kecil yang sembelit
Gerakan mengayuh membantu si kecil yang sembelit

Si kecil yang berusia di bawah satu tahun bisa juga mengalami sembelit atau konstipasi. Penyebabnya beragam, bisa karena dehidrasi, kandungan tertentu dalam susu formula, transisi ke makanan padat, efek samping obat saat dia sakit, dan lainnya.
Selama si kecil masih mengkonsumsi ASI eksklusif, kondisi ini sangat jarang terjadi karena kandungan protein dan lemaknya seimbang. Tetapi begitu si kecil memasuki masa penyapihan, ada kemungkinan terjadi konstipasi karena dehidrasi atau pengaruh makanan padat dan kandungan tertentu pada susu formula.
Setiap bayi memiliki keunikan dalam sistem pencernaan mereka. Ada yang BAB teratur tak lama setelah makan, atau sekali sehari, atau bahkan dua hari sekali. Semuanya tergantung pada apa yang dia konsumsi, aktivitas sehari-hari dan seberapa cepat tubuhnya mencerna makanan.

Bagaimana Moms & Dads mengenali sembelit pada si kecil? Berikut beberapa gejalanya:

  • BAB jauh lebih jarang dari biasanya. Misalnya bila biasanya ia BAB sehari sekali, mendadak ia tidak BAB dalam tiga hari.
  • Kotoran yang keluar terlihat keras dan kering walaupun frekuensinya masih sama seperti biasa.
  • Bayi terlihat kesulitan saat BAB.

Moms & Dads bisa mengatasi sembelit si kecil dengan cara memijat perlahan perutnya searah jarum jam dari pusar ke samping kiri sekitar tiga menit. Moms bisa memijatnya sambil berbaring atau ketika mandi dengan air hangat.
Bergerak aktif juga bisa membantu mengatasi konstipasi. Bila si kecil sudah bisa merangkak, biarkan ia merangkak beberapa putaran. Tetapi bila belum bisa, cobalah Moms menggerak-gerakkan kaki si kecil seperti sedang mengayuh sepeda saat ia berbaring.

Bila si kecil sembelit karena makanan atau kandungan tertentu dalam susu formula, Moms bisa memilih makanan lain yang lebih kaya serat atau mengganti merk susu formula yang Moms beli setelah berkonsultasi dengan dokter. Untuk bayi berusia 4 bulan lebih, Moms bisa menambahkan satu sendok jus buah, seperti jus apel dan pir ke dalam susunya. Hindari buah pisang dan wortel serta makanan berat seperti nasi dan pasta. Jangan pernah memberinya obat pencahar tanpa persetujuan dokter ya, Moms.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *