Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Coba Cara Ini Untuk Menghilangkan Nyeri Haid

 

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 

Kebanyakan perempuan mulai gelisah jika sudah mendekati tanggal menstruasi. Bagaimana tidak, sebelum menstruasi datang perempuan akan merasakan pinggang pegal, mual, dan nyeri di bagian perut. Hal ini biasa dikenal dengan istilah PMS (Pre Mestruation Syndrom). Bagi kebanyakan perempuan PMS ini berlanjut pada saat menstruasi, sehingga dapat mengurangi konsentrasi, dan menganggu aktivitas sehari-hari sehingga apa yang kita lakukan tidak akan berjalan dengan maksimal.

Untuk mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi, berikut adalah cara menghilangkan nyeri ketika haid:

Minuman hangat

Minuman hangat ini dapat memperlancar peredaran darah dan pernafasan. Efek panas yang masuk ke dalam tubuh melalui minuman tersebut juga dapat mermanfaat untuk pelebaran pembuluh darah sehingga peredaran darah dalam tubuh akan lancar.

Pijatan perut

Untuk mengurangi rasa nyeri dan kram, Moms bisa melakukan pijatan lembut di bawah perut. Pijatan ini dapat merelaksasi otot-otot agar rasa nyeri berkurang. Untuk hasil yang lebih maksimal Moms bisa juga memijat dengan minyak kayu putih.

Kompres dengan air hangat

Cara ini cukup efektif karena hangat kompres yang ditempelkan ke bagian tubuh akan mencegah kram pada saat menstrusasi. Caranya melakukan kompres untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut adalah dengan meletakan kompres hangat di bagian perut bawah, rasakan kehangatannya dan tunggu sampai beberapa menit untuk merasakan efeknya.

Konsumsi bubuk kayu manis

Ketika menderita sakit pada menstruasi sebaiknya Moms campurkan sedikit bubuk kayu manis pada makanan yang dikonsumsi. Bubuk kayu manis yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu mengurangi nyeri pada saat menstruasi. Karena kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi dan antispasmodic.

Tidur telentang dengan kaki diganjal bantal

Cara tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi nyeri pada saat haid adalah dengan tidur telentang dengan kaki di ganjal bantal. Dengan melakukan sikap seperti ini maka perut bagian bawah akan menjadi rileks. Dengan kondosi yang rileks ini maka nyeri haid pun akan berkurang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *